Manfaat Jambu Biji dan Kandungan Nutrisinya

Kontributor: Wulandari, tirto.id - 25 Jan 2023 15:38 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jambu biji mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
tirto.id - Jambu biji atau nama latinnya Psidium guajava merupakan salah satu buah asal Brasil yang dikenal kaya akan vitamin C. Buah ini memiliki berbagai jenis kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu protein, serat, kalsium, magnesium, kalium, dan vitamin C membuat buah ini banyak digemari oleh pecinta buah.

Selain itu, jambu biji juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E.

Budidaya jambu biji juga tidak sulit asalkan ditanam di wilayah tropis, sehingga dapat ditanam di dataran rendah maupun tinggi. Tanah di Indonesia termasuk ideal untuk budidaya jambu biji karena memiliki curah hujan antara 2.000 - 3.000 mm per tahun dan suhu rata-rata 20 - 30 derajat Celcius.


Oleh karena itu banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk menjadi petani jambu.
Buah ini dapat konsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu seperti olahan selai maupun berbagai minuman. Kebanyakan orang langsung memakannya karena rasanya yang sudah manis tanpa harus melalui proses pengolahan.

Jambu biji dikenal sebagai sumber vitamin C-nya, tetapi jambu biji merah memiliki tingkat vitamin C yang berbeda dengan jambu biji putih. Pada jambu biji merah mengandung sekitar 87mg per 100 gram jambu, sedangkan jambu biji putih mengandung sekitar 116 - 190 mg.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan


Para ahli meneliti manfaat dari jambu biji yang memiliki khasiat besar untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, berikut sederet manfaat yang bisa kita dapatkan dari jambu biji:

1. Sebagai antioksidan

Antioksidan yang terdapat di dalam jambu biji dapat melawan radikal bebas dalam tubuh seperti kerusakan jantung yang diakibatkan oleh radikal bebas.

2. Membantu pencernaan

Jambu biji mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan seperti mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

3, Sebagai daya tahan tubuh

Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh, seseorang yang mengonsumsi jambu biji memiliki imunitas yang tinggi serta mengurangi risiko penyakit infeksi.

4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Manfaat vitamin C selain untuk imunitas juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

5. Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A dalam jambu biji berdampak baik baik kesehatan mata karena vitamin A berperan sebagai fungsi membran konjungtiva dan kornea mata.

6. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Mengonsumsi jambu biji dapat memperlambat proses penuaan dan mencegah keriput. Selain itu, kandungan antioksidannya dapat membantu mengobati jerawat karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba.


Baca juga artikel terkait JAMBU BIJI atau tulisan menarik lainnya Wulandari
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Wulandari
Penulis: Wulandari
Editor: Yantina Debora

DarkLight