Manfaat Clover Honey Bagi Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Kontributor: Anisa Wakidah - 8 Des 2021 18:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat Clover Honey untuk kesehatan tubuh dan kandungan nutrisi di dalamnya.
tirto.id - Clover Honey adalah jenis madu yang dibuat oleh lebah madu. Seperti namanya, lebah membuat madu jenis ini dengan mengumpulkan nektar dari bunga Clover/semanggi (Trifolium).

Tanaman Clover atau semanggi merupakan sumber makanan yang disukai lebah.

Dilansir dari situs WebMD, setidaknya terdapat sekitar 300 spesies tanaman Clover/semanggi yang tumbuh di daerah beriklim sedang dan subtropis di seluruh dunia (kecuali Australia dan Asia Tenggara).

Lebah membuat Clover Honey dengan mengumpulkan nektar dari bunga Clover atau bunga semanggi.

Lebah ini kemudian membawa nektar ke sarangnya dan menyegelnya di sarang lebah.

Clover Honey yang disimpan di sarang lebah mengeras menjadi semacam lilin tebal. Peternak lebah memanen madu secara berkala sepanjang tahun.

Beberapa petani mengolah madu ini dengan cara memanaskan madu sebelum pembotolan, sedangkan sebagian lain menjual madu mentah.

Informasi Nutrisi Clover Honey

Dilansir dari situs Healthline dan WebMD, Clover Honey tidak memiliki banyak vitamin dan mineral, tetapi memiliki sejumlah kecil nutrisi.

Satu sendok makan (21 gram) madu semanggi atau Clover Honey mengandung sejumlah nutrisi sebagai berikut:

    • Kalori: 60 kalori
    • Protein: 0 gram
    • Lemak: 0 gram
    • Karbohidrat: 17 gram
Jenis madu ini kebanyakan mengandung karbohidrat berupa gula alami.

Namun, ia juga menawarkan sejumlah kecil vitamin dan mineral yang berbeda, termasuk magnesium, kalium, zat besi, dan seng.

Terlebih lagi, itu kaya akan senyawa antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Manfaat Kesehatan Clover Honey


Dikutip dari situs WebMD, Clover Honey merupakan madu yang tidak terlalu kaya akan vitamin dan mineral, tetapi madu ini memiliki banyak kandungan antioksidan.

Disisi lain, Clover Honey juga memiliki kandungan flavanol dan asam fenolik yang sangat tinggi.

Dua antioksidan dan anti-inflamasi ini yang dikenal memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi sistem saraf pusat.

Dilansir dari situs Organic Facts, terdapat serangkaian manfaat kesehatan dari Clover Honey termasuk kemampuannya dalam mengurangi penyakit kronis, melindungi sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengatur diabetes.

Berikut uraian manfaatnya:

1. Mencegah stres oksidatif

Studi telah menemukan bahwa madu ini memiliki beberapa antioksidan polifenol yang kuat. Antioksidan ini bermanfaat dalam membantu mengurangi penyakit kronis dalam tubuh dengan mencegah stres oksidatif dan efek negatif dari radikal bebas.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kualitas antibakteri Clover Honey sebagian berasal dari hidrogen peroksida yang ditemukan di sebagian besar jenis madu. Hal inilah yang membantu sistem kekebalan memerangi benda asing dan infeksi potensial di seluruh tubuh.

3. Melindungi kesehatan jantung

Kadar potasium dan mineral serta antioksidan lainnya sangat diperlukan dalam membantu menurunkan tekanan darah, yang dapat menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

4. Mengelola diabetes

Meskipun madu ini memiliki jumlah gula yang sama dengan madu biasa, madu ini masih merupakan pilihan yang lebih baik daripada gula biasa.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Dengan berbagai macam mineral, Clover Honey dapat membantu tubuh mencegah hilangnya kepadatan mineral tulang dan memperlambat gejala osteoporosis seiring bertambahnya usia.

SC-Template Rebranding 2022-Tirto
Infografik SC Manfaat Clover Honey. tirto.id/Fuad



Baca juga artikel terkait CLOVER HONEY atau tulisan menarik lainnya Anisa Wakidah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Anisa Wakidah
Penulis: Anisa Wakidah
Editor: Dhita Koesno

DarkLight