Maliq & D'Essentials Rilis Album RAYA: Perayaan 18 Tahun Berkarya

Oleh: Dede Mudopar - 17 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Maliq & D'Essentials merilis album RAYA, penutup dari mini album RAYA Part.1 dan RAYA Part.2.
tirto.id - Maliq & D’Essentials, grup musik pop-jazz Indonesia merilis album terbaru mereka yang diberi judul RAYA. Perilisan album ini dilakukan setelah merilis mini album RAYA Part I dan RAYA Part II tahun lalu.

Dalam rilis resminya pada Senin (15/2/2021) yang dilansir dari Antara, grup musik yang diprakarsai oleh Angga Puradiredja ini peluncuran album RAYA menjadi penutup dari rangkaian mini album RAYA Part I dan RAYA Part II yang dirilis bulan Agustus dan Oktober tahun lalu.

Dalam peluncuran album RAYA ini, Maliq & D’Essentials juga meluncurkan dua lagu terbarunya yang berjudul "Sesuatunya" dan "Semoga".

Melansir dari NME, enam lagu yang terdapat dalam album RAYA dikerjakan oleh Maliq & D’Essentials selama pandemi Covid-19. Album ini juga masuk dalam layanan streaming musik pada Minggu (14/2/2021). RAYA merupakan penggabungan dari proyek mini album RAYA Part I dan RAYA Part II.

Peluncuran dua mini album sebelumnya dan album RAYA menjadi pembuktian kreativitas mereka di tengah masa pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung hingga saat ini.

Selain itu, Maliq & D’Essentials membuktikan, selalu ada hal positif yang bisa dilakukan saat masa sulit dengan tetap menjaga produktivitas mereka dalam bermusik.

Album RAYA sendiri diambil dari kata “merayakan” yang mempunyai arti besar atau megah. Album ini menjadi salah satu perayaan mereka karena masih eksis di blantika musik Tanah Air setelah lebih dari 18 tahun berkarya.

Dalam album RAYA juga merayakan kembalinya Indah Wisnuwardhana dalam mengisi posisi vokal setelah absen selama 6 bulan akibat varises di sekitar pita suara yang dialaminya pada 2013 silam.

Selain merayakan kembalinya Indah, album RAYA juga menjadi penanda kembalinya penggebuk drum Widi Puradiredja untuk menyumbangkan suaranya dalam album ini.

Terakhir Widi terlibat dalam vokal lewat lagu "Untitled" yang terdapat dalam album perdana mereka yang dirilis pada 2005 silam.

Maliq & D'Essentials mulai eksis di panggung musik Indonesia sejak 2002. Band ini digawangi oleh Angga Puradiredja (Vokal), Indah (Vokal), Ilman (Keyboard & Piano), Jawa (Bass), Lale (Gitar) dan Widi (Drum).

Mereka menamakan grup dengan nama MALIQ sebagai kepanjangan dari kepanjangan dari Music And Live Instrumental Quality. Popularitas mereka mulai mencuat saat tampil di Jakarta International Jazz Festival pada 2005.

Di tahun 2005, mereka merilis album perdananya berjudul 1st dengan single Terdiam yang membuat mereka semakin akrab di telinga pendengar musik Indonesia. Dua tahun kemudian mereka menelurkan album Free Your Mind pada 2007.

Album yang berada di bawah label Warner Music Indonesia kemudian dibuat versi repackage pada 2008 dengan menambahkan dua lagu baru, Dia dan Kau Yang Bisa serta terdapat lagu Beri Cinta Waktu dalam versi reggae.

Selanjutnya kreativitas mereka semakin terasah dengan merilis album lain seperti Mata Hati Telinga (2009), The Beginning Of A Beautiful Life (2010), Sriwedari (2013), Musik Pop (2014), dan Senandung Senandika (2017).


Baca juga artikel terkait MALIQ DESSENTIALS atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight