Malaysia vs Indonesia, Misi "Tak Mungkin" Timnas Senior Lolos

Oleh: Agung DH - 19 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Peluang Timnas Indonesia senior untuk lolos kualifikasi sangat tipis.
tirto.id - Jadwal Timnas Indonesia senior kontra Malaysia dalam laga penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia bakal digelar hari ini, Selasa (19/11) di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Laga ini akan menjadi salah satu penentu, apakah Timnas Indonesia senior makin terpuruk?

Indonesia dalam empat laga belum pernah sekalipun menang dan menjadi juru kunci di klasemen Grup G. Bahkan, Yanto Basna dan kawan-kawan sudah kebobolan 14 gol dan baru mencetak 3 gol. Sementara juara Grup G, Vietnam sudah mengemas 10 poin.

Dengan statistik demikian, peluang Timnas Indonesia senior untuk lolos kualifikasi sangat tipis atau bahkan nyaris "tak mungkin". Sebab Indonesia harus memenangkan empat laga terakhir dan berharap tim-tim lain di Grup G kalah dalam 4 laga mereka.

Namun pelatih caretaker Yeyen Tumena mengatakan tim nasional Indonesia tetap akan memberikan permainan terbaik, kendati pada laga kandang lalu kalah 2-3 dari Malaysia. Alasannya, sudah banyak perubahan pemain di tubuh timnas Indonesia karena berbagai kondisi.

"Betul memang kita ada banyak perubahan pemain dengan berbagai kondisi karena kita juga mempersiapkan pemain untuk SEA Games, seperti teman-teman kami juga melawan Iran sehingga beberapa pemain juga gabung di sana," kata dia seperti dikabarkan Antara.

Selain itu, persiapan timnas Indonesia senior sudah cukup untuk menghadapi Malaysia pada malam nanti. Bahkan timnas juga sudah sudah mengintip kekuatan musuh saat Malaysia menang atas Thailand 2-1.

Timnas juga siap menghadapi tekanan dari suporter Malaysia yang akan memenuhi stadion nasional Bukit Jalil dan tekanan publik Indonesia.

"Saya kira setiap prajurit di lapangan selalu dihadapkan dengan pressure, karena kami prajurit di lapangan selalu dihadapkan dengan menang atau kalah. Jadi bagi kami juga pemain setiap pressure akan kami hadapi dengan konsekuensi yang sama menang atau kalah," kata dia.

Dia mengatakan dilihat dari pertandingan di Jakarta dan pertandingan Malaysia dan Thailand , timnas Malaysia bermain dengan sangat simple dan baik pada dua pertandingan.

"Buat kami siapapun pemain yang bertandang ke pertahanan kami merupakan pemain yang berbahaya. Kita tidak mengkhususkan harus menjaga siapa. Siapapun pemain Malaysia adalah pemain terbaik yang dimiliki Malaysia," katanya.

Live Streaming dan Siaran Langsung

Laga Malaysia vs Indonesia senior ini dapat disaksikan melalui live streaming di Mola TV, sebagai pemegang hak siar tayangan timnas Indonesia. Penggemar sepak bola dapat mengunduh aplikasi Mola TV di Google Play Store atau di sini. Menyaksikan tayangan Mola TV di aplikasi dapat dilakukan dengan gratis, caranya adalah dengan registrasi lalu log in.

Selain itu, laga Indonesia kontra Malaysia dapat disaksikan melalui siaran langsung TVRI melalui saluran UHF.


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA 2020 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Agung DH
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight