Malam Tahun Baru Hujan Diprediksi Guyur Jakarta, Surabaya & Bandung

Oleh: Addi M Idhom - 31 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hujan diprediksi turun di Jakarta, Surabaya, Bandung hingga Semarang pada saat malam tahun baru 2020.
tirto.id - Hujan diprediksi mengguyur wilayah sejumlah kota besar pada saat malam tahun baru 2020. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan turun di Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan intensitas berbeda-beda pada Selasa malam, 30 Desember 2019.

Di Jakarta Pusat, misalnya, BMKG memprediksi Hujan Sedang akan turun pada pukul 19.00 WIB, Selasa malam. Kemudian, Hujan Ringan diprediksi turun di Jakarta Pusat pada pukul 22.00 WB atau menjelang malam pergantian tahun. Hujan Lokal juga diprediksi terjadi pada pukul 01.00-O4.00 WIB, Rabu dini hari, 1 Januari 2020.

Sementara di Jakarta Barat, Hujan Lokal diprediksi turun pada malam tahun baru 2020, sekitar pukul 19.00 WIB, dan dilanjutkan dengan Hujan Ringan saat jam 10 malam. Saat memasuki Rabu dini hari, atau setelah pergantian tahun, Hujan Lokal akan mengguyur kawasan ini pada pukul 01.00-04.00 WIB.

Demikian pula di Jakarta Timur, Hujan Sedang diperkirakan turun pada malam tahun baru, sekitar pukul 19.00 WIB. Lalu, saat jam 10 malam atau menjelang pergantian tahun, Hujan Ringan diprediksi terjadi di kawasan ini. Adapun pada Rabu dini hari, cuaca di Jakarta Timur kemungkinan akan berawan tebal dan mulai turun Hujan Lokal pada pukul 04.00 WIB.

Sedangkan di Jakarta Selatan, BMKG memprediksi Hujan Petir malah akan terjadi saat malam tahun baru, pada pukul 19.00 WIB. Lalu, saat jam 10 malam, hujan lokal diperkirakan mengguyur kawasan ini. Usai pergantian tahun, cuaca wilayah ini diprediksi berawan.

Hujan Petir diprediksi terjadi pula di Jakarta Utara saat malam tahun baru 2020, yakni pukul 19.00 WIB. Cuaca di kawasan ini kemungkinan belum cerah hingga jelang pergantian tahun karena Hujan Ringan diperkirakan turun pada pukul 22.00 WIB. Hujan Lokal juga akan mengguyur wilayah Jakarta Utara pada Rabu dini hari, 1 Januari 2020.

Sejumlah area wisata di Jakarta juga tidak terbebas dari hujan saat malam tahun baru 2020. Area Monumen Nasional (Monas) dan sekitarnya, diperkirakan akan terguyur Hujan Sedang saat pukul 19.00 WIB dan kemudian dilanjutkan dengan Hujan Ringan ketika memasuki Pukul 22.00 WIB.

Bahkan, Hujan Petir diperkirakan mengguyur area Taman Impian Jaya Ancol pada saat malam tahun baru, sekitar pukul 19.00 WIB, serta berlanjut dengan Hujan Ringan pada jam 10 malam. Cuaca di Taman Impian Jaya Ancol setelah pergantian tahun, atau Rabu dini hari, juga diprediksi belum terlalu bersahabat karena Hujan Lokal.

Malam tahun baru 2020 di Bandung, Jawa Barat, juga diperkirakan diiringi oleh Hujan Lokal saat memasuki pukul 19.00 WIB. Cuaca di Bandung diperkirakan mulai membaik menjelang pergantian tahun, karena kota ini diprediksi hanya berawan saat memasuk jam 10 malam. Cuaca berawan ini kemungkinan akan menghiasi langit Bandung hingga Rabu dini hari.

Cuaca malam tahun baru 2020 di Surabaya, Jawa Timur, kemungkinan juga tidak bersahabat. BMKG memprediksi Hujan Petir akan membasahi Surabaya pada Rabu malam, pukul 19.00 WIB. Kemudian, pada pukul 22.00 WIB, Hujan Lokal pun diperkirakan masih turun di Surabaya. Hujan Lokal masih akan terjadi di kawasan ini hingga Rabu dini hari, pukul 01.00 WIB.

Malam tahun baru di kota besar lainnya, seperti Semarang, pun diperkirakan terguyur Hujan Ringan pada Pukul 19.00 WIB. Memasuki pukul 22.00 WIB, kawasan Kota Semarang kemungkinan masih diguyur oleh Hujan Sedang. Saat Rabu dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB, Hujan Ringan masih turun di kota ini.


Baca juga artikel terkait TAHUN BARU atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight