Malam Tahun Baru 2019 di TMII Dimeriahkan 6200 Tembakan Kembang Api

Oleh: Riyan Setiawan - 31 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Puncak malam tahun baru 2019 di TMII akan dimeriahkan 6.200 tembakan kembang api.
tirto.id - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyiapkan sekitar 6.200 tembakan kembang api untuk memeriahkan puncak malam tahun baru 2019. Hal ini disampaikan oleh Kabag Humas TMII Jerrimias Lahama.

"Nanti ada countdown pas pertukaran tahun itu ada kembang api seperti itu dengan 6.200 tembakan," kata Jerrimias di Jakarta, Senin, (31/12/2018).

Tak hanya kembang api, menurut Jerrimias, TMII juga menyalakan 2.900 obor untuk menghiasi titik-titik danau miniatur pulau-pulau Indonesia yang berada di salah satu tempat di TMII.

TMII juga menyiapkan panggung hiburan di beberapa titik, seperti pentas musik, kesenian wayang kulit, dan golek pada malam pergantian tahun 2018 ke 2019. "Ada [pentas] campursari, [dangdut] koplo, wayang," kata dia.

Sementara Ketua Panitia Pekan Natal dan Tahun Baru TMII Sudiono mengatakan pentas hiburan pada malam tahun baru di salah satu obyek wisata di Jakarta itu terbagi dalam tiga zona.

Pertama, adalah Zona di depan Tugu Api Pancasila. Di lokasi tersebut terdapat pertunjukan tradisi pagelaran wayang dalang Kondang Kimanteb Sudarsono, Kendang Beleg, Congdut, dan Campursari.

Kedua, pada zona tengah terdapat panorama obor dan pesta kembang api serta hiburan di Anjungan atau rumah adat yang terdiri dari 33 daerah.

"Hiburannya musik Melayu, diklat tari dan musik Doll ada panggung dermaga dekat Danau Archipel," ujar Sudiono.

Ketiga, zona panggung utama yang akan dimeriahkan oleh artis-artis terkenal dari Kontes Dangdut Indonesia (KDI) dan beberapa penyanyi dangdut. Panggung utama juga dimeriahkan pentas Musik Dangdut Monata.

Menurut Sudiono, panitia juga menyediakan panggung terpadu yang akan diisi dengan beraneka hiburan dari Anjungan Daerah.

Menurut Kepala Unit Kecil Lengkap (KUKL) Pos Pengamanan (Pospam), Hendrik Deskam, sebanyak 700 personel dikerahkan untuk mengamankan malam tahun baru di TMII. 700 personel itu gabungan dari aparat TNI, Polri dan Satpol PP serta pertugas Pokdar.


Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Addi M Idhom
DarkLight