Makna Kode P1, P2, P3, & BD di Hasil Seleksi PPPK Guru 2021

Penulis: Yonada Nancy - 22 Des 2021 13:52 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kode P1, P2, P3 menunjukkan status kelulusan, sementara kode BD menunjukkan status penerimaan tambahan nilai afirmasi peserta.
tirto.id - Hasil seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 tahap 2 sudah dirilis oleh panitia seleksi nasional (panselnas) pada Selasa (21/12/2021).

Di dalam dokumen hasil seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 2 terdapat sejumlah kode seperti P1, P2, P3 dan BD. Kempat kode tersebut memiliki definisi yang berbeda-beda. Kode P1, P2, P3 menunjukkan status kelulusan, sementara kode BD menunjukkan status penerimaan tambahan nilai afirmasi peserta.

Kode P sendiri dalam pengumuman hasil PPPK Guru tahap 2 menunjukkan arti bahwa peserta lulus passing grade. Sementara, angka 1, 2, dan 3 yang mengikuti kode P menunjukkan kategori passing grade yang dicapai oleh peserta.

Hal ini merujuk pada 3 kategori passing grade atau nilai ambang batas (NAB) yang ditetapkan oleh Menteri PANRB sebelumnya. Kode P1 menunjukkan bahwa peserta lulus NAB kategori 1, P2 artinya peserta lulus NAB kategori 2, dan P3 artinya peserta lulus NAB kategori 3.

Selain kode kelulusan, pengumuman hasil PPPK Guru tahap 2 juga memuat kode yang menunjukkan status penerimaan tambahan nilai afirmasi untuk seleksi kompetensi teknis. Kode ini ditunjukkan dengan huruf A, B, C, D, E, dan F.

Salah satu kode yang mungkin diterima pada hasil PPPK Guru tahap 2 adalah BD. Kode B menunjukkan bahwa peserta merupakan guru non-ASN yang aktif mengajar minimal 3 tahun serta berusia 35 tahun. Peserta dengan kode ini artinya mendapatkan tambahan nilai sebesar 15 persen pada seleksi kompetensi teknis.

Lalu, kode D menunjukkan bahwa peserta merupakan peserta dari THK-II yang berhak menerima tambahan nilai seleksi kompetensi teknis sebesar 10 persen. Artinya, peserta dengan kode BD mendapatkan tambahan nilai afirmasi sebanyak 25 persen.

Selain kode-kode tersebut, masi ada sejumlah kode lainnya yang tercantum dalam pengumuman hasil PPPK Guru tahap 2. Dikutip dari Hasil Seleksi Kompetensi II Pengadaan PPPK Guru 2021 terdapat delapan kode yang menunjukkan status kelulusan peserta dan enam kode yang menunjukkan status penerimaan afirmasi.

Daftar Kode yang Menunjukkan Status Kelulusan


Adapun kedelapan kode status kelulusan tersebut terdiri atas:
  • P1 artinya nilai ujian peserta lulus passing grade atau NAB kategori 1
  • P2 artinya nilai ujian peserta lulus passing grade atau NAB kategori 2
  • P3 artinya nilai ujian peserta lulus passing grade atau NAB kategori 3
  • L artinya peserta lulus atau mendapatkan formasi
  • TL artinya peserta tidak lulus dan tidak memenuhi passing grade
  • TH artinya peserta tidak menghadiri ujian seleksi kompetensi
  • TMS 1 artinya peserta tidak memenuhi syarat seleksi pada kompetensi PPPK Guru tahap 1
  • TMS 2 artinya peserta tidak memenuhi syarat seleksi pada kompetensi PPPK Guru tahap 2

Daftar Kode yang Menunjukkan Status Penerimaan Tambahan Nilai Afirmasi


Enam kode yang menunjukkan status penerimaan tambahan nilai afirmasi meliputi:

  • A kode yang menunjukkan bahwa peserta memiliki sertifikat pendidik linear dengan jabatan yang dilamar sehingga mendapatkan nilai tambahan paling tinggi 100 persen dari nilai paling tinggi untuk kompetensi teknis.
  • B kode yang menunjukkan bahwa peserta berusia 35 tahun saat melamar dan berstatus pengajar aktif sebagai guru selama paling singkat 3 tahun berdasarkan data di Dapodik. Peserta yang memperoleh kode B menerima 15 persen tambahan nilai paling tinggi untuk kompetensi teknis.
  • C kode yang menunjukkan bahwa peserta merupakan penyandang disabilitas dan sudah diverifikasi derajat kedisabilitasannya sesuai dengan jabatan yang dilamar. Peserta dengan kode ini menerima tambahan nilai sebesar 10 persen dari nilai paling tinggi untuk kompetensi teknis.
  • D kode yang menunjukkan bahwa peserta merupakan THK-II yang masih aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 tahun berdasarkan data di Dapodik. Peserta dengan kode D menerima tambahan nilai sebesar 10 persen dari nilai paling tinggi untuk kompetensi teknis.
  • E kode yang menunjukkan bahwa peserta berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat.
  • F kode yang menunjukkan bahwa peserta menggunakan NAB sesuai dengan Keputusan Menpan-RB nomor 1171 Tahun 2021.

Jadwal PPPK Guru 2021 Tahap 2


Sesuai dengan jadwal terbaru yang ditetapkan oleh panselnas, kegiatan PPPK Guru Tahap 2 hari ini (22/12/2021) tengah memasuki masa pengajuan sanggah. Kegiatan tersebut masih akan berlangsung hingga Jumat (24/12/2021) diikuti dengan masa jawab sanggah dan pengumuman akhir.

Berikut jadwal terbaru pelaksanaan PPPK Guru 2021 tahap 2:

- Pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap 2: 21 Desember 2021.

- Masa pengajuan sanggah tahap 2 : 22 - 24 Desember 2021.

- Jawab sanggah oleh panitia seleksi tahap 2 : 24 - 30 Desember 2021.

- Pengumuman pasca masa sanggah tahap: 31 Desember 2021.






Baca juga artikel terkait PPPK 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight