Makna Gong Xi Fa Cai, Ucapan Saat Imlek atau Tahun Baru Cina 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 24 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Arti gong xi fa cai, ucapan saat perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina 2020.
tirto.id - Imlek atau Tahun Baru Cina 2020 tahun ini jatuh pada Sabtu, 25 Januari. Setiap tahun, Imlek dirayakan secara besar-besaran hampir di seluruh dunia. Beberapa daerah akan menyalakan kembang api, melakukan parade, barongsai, yang bisa ditemukan di jalan-jalan kota besar.

Tahun Baru Cina akan berlangsung selama 15 berturut-turut dan berakhir dengan Festival Lentera. Persiapan Tahun Baru Cina dilakukan berminggu-minggu sebelumnya untuk memastikan tahun baru dipenuhi dengan keberuntungan dan kemakmuran.

Ini adalah waktu berkumpul bagi keluarga dan teman-teman untuk makan bersama. Kembang api dinyalakan untuk mengusir roh-roh jahat, anak-anak akan mendapat hadiah berupa angpau yang biasanya menggunakan amplop merah. Orang-orang Cina juga akan menghormati leluhur dan tokoh-tokoh sejarah.

Dikutip dari artikel Greg Rodgers di tripsavvy, sedikit berbeda dengan Tahun Baru yang dirayakan orang-orang Barat, Imlek tidak terlalu fokus pada resolusi atau hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan diri, tetapi lebih ke harapan untuk keberuntungan dan kemakmuran di tahun baru.

Dengan begitu banyak budaya Cina dan kelompok etnis di seluruh dunia, ada banyak cara untuk mengatakan "selamat tahun baru" dalam bahasa Cina. Sebagian besar dari ucapan itu mengandung makna keberuntungan dan kesuksesan finansial.

Gong Xi Fa Cai


Meski banyak dipakai untuk ucapan tahun baru Imlek, istilah "Gong Xi Fa Cai" pada dasarnya tak berarti selamat tahun baru. Secara harfiah, artinya "semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan."

Gong xi fa cai
adalah ucapan paling umum saat perayaan Imlek. "Gong xi" berarti "selamat" dan juga cara untuk mengucapkan sukacita. "Fa cai" artinya menjadi kaya atau menghasilkan uang. Jadi mengucapkan gong xi fa cai berarti berharap sukacita dan kemakmuran di tahun baru.

Umumnya, sesama pemilik bisnis dan rekan kerja menggunakan gong xi fa cai sebagai cara untuk mengucapkan "selamat tahun baru" dalam bahasa Cina.

Xin Nian Kuai Le


Selain gong xi fa cai, xin nian kuai le juga bisa menjadi ucapan Tahun Baru. "Kuai le" berarti "bahagia" atau "gembira," dan "xin nian" berarti "tahun baru." Xin nian kuai le adalah cara untuk mengucapkan selamat tahun baru dalam bahasa Cina kepada teman tanpa merujuk uang, finansial, atau materi.

Ucapan lain untuk Imlek adalah “Xin Nian Jin Pu” (semoga mendapat kemajuan di tahun baru ini), “Wan Shi Ru Yi” (semoga semua harapanmu terpenuhi), “Shen Ti Jian Kang” (semoga sehat selalu), dan “Sui Sui Ping An” (berharap Anda terhindar dari semua celaka).


Baca juga artikel terkait IMLEK 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight