Maju Pilwalkot Solo, Gibran Rakabuming: Tak Mungkin Independen

Oleh: Hendra Friana - 20 Oktober 2019
Gibran menegaskan bahwa dirinya bakal maju sebagai Walikota Solo dengan kendaraan politik PDI Perjuangan/
tirto.id - Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Joko Widodo, kembali menegaskan bahwa dirinya bersiap untuk maju sebagai Walikota Solo bukan secara independen, melainkan melalui partai.

"Enggak mungkin independen, sudah saya katakan lewat PDI. Saya punya KTA PDI, ya lewat PDI saya tidak akan pernah bilang lewat independen," tegas Gibran selepas acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Selebihnya, ia enggan berkomentar terkait pencalonannya di Solo itu. "Kemarin sudah saya katakan maju lewat pdip. Itu aja," tukasnya.

Pengusaha kuliner dengan merek dagang Chili Pari itu juga irit komentar soal pelantikan ayahnya sebagai presiden untuk masa jabatan 2019-2024 hari ini.

Sementara itu, adik perempuannya Kahiyang menyampaikan harapan agar Indonesia bisa menjadi lebih baik dengan dilantiknya sang ayah untuk masa jabatan lima tahun mendatang.

"Ya semoga lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik lagi," ujarnya.

Adapun putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, enggan memberikan komentar apapun terkait pelantikan ayahnya menjadi presiden. "Tanya yang dilantik, saya gak ngapa-ngapain," ujarnya.

"Tanya bapak aja. Ya pokoknya yang terbaik aja," pungkasnya.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin(Jokowi-Ma'ruf) telah resmi menjadi presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024 ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh keduanya.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih ini disaksikan sebanyak 711 Anggota MPR 2019-2024. Hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Wakil Presiden ke-5 Hamzah Haz.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Penulis: Hendra Friana
Editor: Hendra Friana
DarkLight