Pandemi COVID-19

Mahfud MD Sebut Pemerintah Libatkan TNI-Polri saat Malam Takbiran

Oleh: Andrian Pratama Taher - 19 Mei 2020
Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan penegakan hukum saat malam takbiran hingga hari raya Idulfitri dilakukan melibatkan kepolisian dan TNI.
tirto.id - Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan pemerintah memastikan akan melakukan penegakan protokol kesehatan selama malam takbiran hingga hari raya Idulfitri 2020. Penegakan pun akan disesuaikan dengan regulasi yang ada dengan pendekatan keamanan.

"Penegakan protokol kesehatan yang dikawal dengan penegakan keamanan. Jadi ini protokol kesehatan seperti ini yang sudah diatur oleh WHO diadopsi oleh peraturan perundang-undangan dan kebijakan pemerintah Indonesia," kata Mahfud usai rapat bersama Presiden Jokowi dan jajaran secara daring, Selasa (19/5/2020).

Mahfud mengatakan, penegakan hukum dilakukan melibatkan kepolisian dan TNI.

Menurut Mahfud, pemerintah juga melibatkan satpol PP dalam penegakan hukum selama malam takbiran hingga hari raya Lebaran.

Selain itu, Mahfud menegaskan tidak ada pembahasan soal open house. Ia menekankan para menteri tidak melaksanakan open house seperti hari raya tahun-tahun sebelumnya.

"Saya kira itu sudah menjadi bagian sendirinya, anggota kabinet pasti tahu diri untuk tidak open house, tidak usah dibicarakan orang lain saja dilarang masa anggota kabinet mau open house," kata Mahfud.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight