Mahasiswa DIY Asal Timor Leste yang Diduga Diculik Ditemukan Tewas

Oleh: Irwan Syambudi - 17 Juli 2019
"Pada tanggal 4 jul jam 15.00 atas nama Joao Bosco dilaporkan telah diculik," kata Polda DIY.
tirto.id - Polda DIY mengkonfirmasi bahwa mahasiswa asal Timor Leste yang dilaporkan hilang beberapa waktu lalu identik dengan jenazah yang ditemukan di Magetan Jawa Timur.

Menurut polisi, mahasiswa bernama Joao Bosco Baptista (21) yang kuliah di salah satu kampus swasta di Yogyakarta itu sebelumnya dilaporkan hilang diculik pada awal Juli 2019 lalu.

"Polda DIY tanggal 3 Juli 2019 jam 13.00 WIB menerima laporan orang hilang atas nama Joao Bosco. Kemudian pada tanggal 4 jul jam 15.00 atas nama Joao Bosco dilaporkan telah diculik," kata Kabid Humas Polda DIY, Kombes pol Yuliyanto melalui pesan singkat, Rabu (17/7/2019).

Kemudian, pada Jumat (12/7/2019) ditemukan mayat seorang pria di Jurang Cemorosewu, Kabupaten Magetan Jawa Timur yang diduga adalah korban. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata mayat tersebut memang identik dengan Joao Bosco.

"Inafis menyatakan [mayat yang ditemukan di Magetan] identik [dengan identitas Joao Bosco]. Kalau pemeriksaan DNA belum selesai," kata Yuliyanto.

Sebelumnya, melalui akun Instagram resminya Polda DIY menyampaikan info orang hilang atas nama Joao Bosco yang beralamat di Jalan Maguwo, Banguntapan, Bantul. Dalam info yang berdasarkan laporan bernomor STPLK/0011/VII/2019/DIY/SPKT itu disebutkan kronologi awal mula hilangnya Joao Bosco.

"Awal mula kejadian pada hari Selasa 2 Juli 2019 sekitar jam 11.00 pada saat korban berada di dalam kamar bersama temannya tiba-tiba didatangi oleh tiga orang dan memanggil korban. Kemudian korban menemui tiga orang tersebut, setelah itu sampai sekarang korban tidak diketahui keberadaannya," seperti dikutip dari pengumuman polisi.





Baca juga artikel terkait PENCULIKAN atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight