Macam-macam Peralatan Teknologi Informasi-Komunikasi & Fungsinya

Kontributor: Nirmala Eka Maharani - 29 Des 2021 16:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Macam-macam teknologi informasi & komunikasi terdiri dari komputer, radio, dan sebagainya. Ia berfungsi untuk menunjang aspek informasi-komunikasi manusia.
tirto.id - Pada zaman sekarang, bermacam-macam peralatan dibuat untuk menunjang dan mempermudah aspek kehidupan manusia, tak terkecuali bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam bidang tersebut, ada dua aspek penyusun, yakni informasi dan komunikasi. Dengan mempermudah sistem komunikasi, manusia akan berkembang dan memiliki informasi yang lebih luas.

Terdapat banyak peralatan teknologi informasi dan komunikasi di sekitar kita yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (2018), peralatan-peralatan tersebut terbagi atas peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi.

Contoh Peralatan Teknologi Informasi & Fungsinya


Berikut ini adalah beberapa peralatan teknologi informasi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Komputer

Menurut laman Kemdikbud, komputer merupakan perangkat elektronik yang mampu menerima, memproses, dan menyimpan data.

Komputer menghasilkan teks, gambar, simbol, angka dan suara. Dalam pengoperasiannya sistem dan fungsinya, komputer terdiri atas tiga komponen, yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (pengguna komputer).

Penjelasan mengenai tiga komponen komputer tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama, hardware adalah perangkat keras dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba langsung. Kumpulan perangkat keras itu membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

Perangkat keras komputer terbagi menjadi 3 bagian yaitu perangkat input, proses, dan outputnya.

Perangkat input berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.

Perangkat ini terdiri dari keyboard, mouse (tetikus), scanner, mikrofon, dan lain sebagainya. Perangkat proses dalam komputer yakni CPU (Central Processing Unit) yang merupakan otak dan bagian terpenting dari komputer.

Sementara itu, perangkat output berfungsi untuk menampilkan luaran sebagai hasil proses pengolahan data, seperti hard copy dan soft copy.

Kedua, software adalah perangkat lunak yang merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya.

Komputer akan menjalankan fungsinya jika memiliki software. Perangkat lunak terdiri dari bahasa pemrograman, software alat bantu, program aplikasi, software pengolah kata, angka, grafis, dan sebagainya.

Ketiga, bainware merupakan pengguna komputer yang menggunakan dan menjalankan program komputer. Tanpa ada pengguna komputer, berbagai jenis program dan peralatan tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Radio

Radio adalah alat penerima informasi yang berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Saat ini, radio banyak dilengkapi dengan pemutar kaset dan perekam suara.

Terdapat tiga komponen dalam sistem pemancar radio, yakni sumber suara, pemancar, dan antena.

Sumber suara menghasilkan suara yang akan dikirim bersamaan dengan sinyal radio. Sementara itu, pemancar terdiri dari osilator dan modulator.

Osilator berfungsi untuk menghasilkan gelombang sinus yang menjadi sinyal pembawa, sedangkan modulator berfungsi untuk menstabilkan frekuensi dan amplitudo dari osilator.

Sementara itu, antena berfungsi untuk memancarkan gelombang radio. Antena menghasilkan pancaran gelombang elektromagnetik ke segala arah sehingga informasi audio dapat didengar orang-orang yang terhubung dengan sinyal tersebut.

3. Televisi

Televisi adalah alat penerima informasi berupa gambar dan suara yang dapat menerima transmisi gambar sekaligus suara secara langsung (real time). Televisi mampu menerima sinyal dari pemancar gelombang/satelit maupun dari kabel.

Beragam informasi ditampilkan oleh stasiun televisi. Hal ini menjadikan televisi sebagai sumber segala informasi, berita, dan juga hiburan.

4. Faksimile

Faksimile atau yang biasa disebut mesin fax adalah alat untuk mengirim atau menerima informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi.

Dengan alat itu, kita dapat mengirim salinan isi suatu fail atau data, baik tulisan atau gambar melalui mesin fax.

5. Wireless (WiFi)

WiFi merupakan sebutan untuk koneksi ke internet secara langsung yang mana media untuk menghubungkannya disebut wireless. Wireless adalah jaringan komunikasi nirkabel atau tanpa kabel.

Contoh Peralatan Teknologi Komunikasi & Fungsinya


Selain peralatan teknologi informasi, kita juga banyak menemukan peralatan teknologi komunikasi di sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa peralatan teknologi komunikasi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi dua arah yang memungkinkan dua orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa batas jarak.


2. Handphone (Telepon Genggam)

Semula, telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone), namun sejak 3 April 1973 dikenal teknologi baru dengan nama telepon genggam atau handphone (HP).

Selain dapat mengirim-menerima SMS dan suara secara langsung, HP juga dapat mengakses saluran internet, televisi, bahkan radio.

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi HP kini semakin banyak dengan beragam fitur yang ada di dalamnya, mulai dari pelbagai gim menarik hingga aplikasi belanja.

3. Fiber Optic

Fiber optic merupakan jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Jalur komunikasi ini menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.

4. Telegraf

Telegraf merupakan sistem komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.

Sinyal yang dikirim ke telegraf merupakan kode-kode sederhana yang disebut sebagai kode morse.

Akan tetapi, saat ini telegraf sudah tidak populer digunakan karena semakin banyak peralatan teknologi komunikasi yang lebih canggih dan jauh lebih efektif penggunaannya.

Meski begitu, kode morse masih digunakan dalam dunia pelayaran dan militer.


Baca juga artikel terkait TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI atau tulisan menarik lainnya Nirmala Eka Maharani
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Nirmala Eka Maharani
Penulis: Nirmala Eka Maharani
Editor: Abdul Hadi

DarkLight