Macam-macam Layanan Internet dan Fungsinya

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 21 Nov 2021 09:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memunculkan berbagai macam layanan internet.
tirto.id - Layanan internet semakin beragam seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Fungsi setiap layanan internet yang beredar di pasaran saat ini tentu berbeda-beda mengikuti kebutuhan masyarakat.

Layanan internet dapat diakses secara gratis maupun berbayar. Banyak orang kini bisa menikmati layanan internet dengan mudah melalui penawaran dari berbagai provider.

Mengutip laman Sumber Belajar Kemdikbud, berikut ini bermacam-macam layanan internet sekaligus fungsinya yang dapat dimanfaatkan siapa pun:

1. World wide web (www)

World wide web terdiri dari halaman-halaman web yang menyajikan beragam informasi. Informasi bisa berupa teks, gambar, video, hingga suara. Untuk bisa mengakses www diperlukan aplikasi atau software browser seperti Chrome, Internet Explorer, Opera, dan sebagainya.

2. E-mail

E-mail adalah surat elektronik (surel). Melalui e-mail, pengguna internet dapat berkirim surat ke alamat e-mail tertentu yang bisa diterima secara cepat. Beberapa situs internet menyediakan akses e-mail gratis seperti Yahoo, Gmail, atau Hotmail.

3. Mailing list (milis)

Mailing list adalah sarana diskusi online yang anggotanya para pemilik e-mail. Satu kali pengiriman e-mail ke alamat milis tertentu, akan langsung didistribusikan ke seluruh anggota. Contoh penyedia layanan milis, yaitu Yahoo Groups.

Infografik SC Macam macam Layanan Internet
Infografik SC Macam macam Layanan Internet. tirto.id/Sabit


4. E-commerce

E-commerce adalah layanan internet yang berfungsi untuk mendukung kegiatan perdagangan. Contoh e-commerce, yaitu keberadaan toko online atau marketplace yang cukup banyak jumlahnya saat ini.

5. E-banking

Mengutip laman Unnes, layanan e-banking memungkinkan seseorang melakukan transaksi keuangan secara real time. E-banking banyak disediakan oleh perbankan hingga aplikasi e-wallet. Pengguna layanan e-banking tidak perlu lagi pergi ke ATM untuk transfer uang maupun untuk membayar transaksi tertentu.

6. Chat

Layanan chat telah dikenal dari awal kemunculan internet. Dengan melakukan chatting, pengguna dapat berkomunikasi secara real time dengan pengguna lain di banyak tempat sekali pun menembus lintas negara. Contoh aplikasi chat saat ini sangat beragam seperti iRC, Whatsapp, Line, dan sebagainya.

7. VOIP

Voice Over Internet Protocol (VOIP) adalah layanan internet untuk melakukan pembicaraan lewat telepon. Pengguna tidak perlu membayar biaya pulsa untuk menelepon karena akses komunikasi berjalan di atas internet.


Baca juga artikel terkait LAYANAN INTERNET atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yonada Nancy

DarkLight