Macam Barang Jaminan di Pegadaian dan Cara Cek Nilai Taksir di App

Oleh: Abdul Hadi - 16 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Umumnya, barang yang bisa digadaikan adalah barang yang tahan lama dan memiliki nilai ekonomis tertentu.
tirto.id - Pegadaian merupakan instansi keuangan milik pemerintah untuk membantu ekonomi rakyat kecil. Jika seseorang membutuhkan dana cepat, salah satu alternatifnya, ia dapat menggadaikan barangnya di Pegadaian untuk mendapatkan sejumlah pinjaman tertentu.

Barang yang digadaikan itu akan menjadi jaminan uang pinjaman. Pada saat bersamaan, dana yang dicairkan dari Pegadaian biasanya senilai dengan taksiran barang tersebut.

Ketika menggadaikan barang, terdapat perjanjian waktu atau tempo tertentu. Jika barang yang dijadikan jaminan tidak ditebus atau jatuh tempo, maka barang tersebut menjadi milik penuh Pegadaian.

Tidak semua barang dapat digadaikan di Pegadaian. Umumnya, barang yang bisa digadaikan adalah barang yang tahan lama dan memiliki nilai ekonomis tertentu. Apa saja barang-barang yang dapat dijadikan jaminan di Pegadaian? Berikut daftarnya, sebagaimana dilansir dari laman resmi Pegadaian.

1. Telepon genggam

Dewasa ini, hampir semua orang memiliki telepon genggam. Jika Anda membutuhkan dana cepat, maka telepon genggam bisa digadaikan ke Pegadaian.

Caranya, bawa ponsel tersebut beserta boks dan kelengkapannya ke Pegadaian terdekat. Jangan lupa juga membawa KTP sebagai data administratif untuk memperoleh pinjaman dari Pegadaian.

2. Laptop

Selain ponsel, Anda juga dapat menggadaikan laptop ke Pegadaian untuk memperoleh dana cepat.

Jangan lupa menyimpan fail penting di penyimpanan lain sebelum menggadaikan laptop Anda agar tidak kerepotan. Jika sudah ada uang, Anda dapat menebus kembali laptop tersebut.

3. Televisi

Televisi yang bisa dijadikan jaminan pinjaman di Pegadaian adalah televisi keluaran terbaru. Sementara itu, televisi jadul biasanya tidak berlaku lagi.

Jika ingin tahu detailnya, Anda dapat langsung datang ke Pegadaian terdekat.

4. Kamera

Umumnya, kamera yang diterima sebagai barang gadai adalah kamera DSLR dan mirrorless yang punya nilai jual tinggi di pasaran.

Sebelum memperoleh pinjaman, petugas Pegadaian akan memeriksa terlebih dahulu kondisi kamera itu sebelum menetapkan takaran uang yang bisa dipinjam di Pegadaian.

5. Kendaraan

Mobil, sepeda motor, atau sepeda biasa dapat menjadi jaminan pinjaman di Pegadaian. Jika Anda bermaksud menggadaikan kendaraan di Pegadaian, maka kendaraan tersebut akan disimpan di gudang Pegadaian, serta baru bisa diambil ketika sudah dilunasi.

Jangan lupa juga membawa kartu identitas, STNK, BPKB, atau faktur pembelian untuk membuktikan bahwa kendaraan tersebut adalah benar-benar milik Anda.

Jika Anda ingin bepergian, maka menitipkan kendaraan di Pegadaian dapat menjadi alternatif lain, sekaligus juga memperoleh pinjaman atas titipan itu.

6. Alat Produksi

Alat-alat produksi usaha, seperti alat pertanian, nelayan, atau perikanan, seperti gergaji mesin, pompa air, traktor tangan, mesin jahit, dan sebagainya dapat menjadi jaminan gadai memperoleh pinjaman.

7. Sertifikat

Sertifikat yang termasuk dokumen berharga dapat menjadi barang jaminan di Pegadaian, seperti sertifikat tanah, rumah, dan sebagainya.

Jika yang ingin digadaikan adalah sertifikat tanah, maka nilai pinjamannya ditentukan dari Pajak Bumi & Bangunan (PBB), serta seberapa strategis posisi tanah tersebut.

8. Barang Mewah

Barang mewah seperti perhiasan berharga, emas dinar, koin atau batangan emas, perak, barang-barang bermerek dapat menjadi jaminan di Pegadaian.

Jika membutuhkan dana cepat, Anda tidak perlu menjual barang-barang mewah tersebut. Nasabah tinggal datang ke Pegadaian dan membawa barang mewahnya untuk dijadikan jaminan memperoleh pinjaman.

Beberapa cabang Pegadaian juga menerima tas branded, jam tangan, sepatu, dan barang bermerek lainnya yang bernilai jual tinggi di pasaran.

Cara Mengetahui Nilai Taksir Barang Pegadaian

Sebelum menggadaikan barang, Anda dapat mengecek nilai taksir barang tersebut untuk menyesuaikannya dengan jumlah pinjaman yang dibutuhkan.

Cara mengeceknya cukup mudah, Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi Pegadaian Digital di Play Store atau Apple Store melalui gawai pintar Anda. Penjelasan rincinya adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi Pegadaian Digital di ponsel Anda.
2. Ketuk menu "Gadai" di halaman beranda.
3. Pilih menu "Booking Service".
4. Pilih jenis barang yang akan digadaikan, misalnya perhiasan.
5. Isi data mengenai perhiasan tersebut, termasuk mengunggah foto perhiasan yang akan digadaikan.
6. Muncul taksiran perkiraan nilai pinjaman yang bisa diperoleh.


Baca juga artikel terkait PEGADAIAN atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight