Mabes Polri Rotasi Kursi Kabaintelkam dan Irwasum

Oleh: Andrian Pratama Taher - 26 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dedi Prasetyo mengatakan, rotasi di lingkungan pejabat Mabes Polri ini dalam rangka kebutuhan organisasi.
tirto.id - Mabes Polri melakukan rotasi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Pol Unggung Cahyono dan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Komjen Putut Bayu Seno berdasarkan surat telegram rahasia nomor ST/1202/IV/KEP/2019 per tanggal 26 April 2019.

Dalam telegram rahasia tersebut, posisi Kabaintelkam diisi oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto. Sementara posisi Irwasum Polri diisi oleh Kabarhakam Komjen Moechiyarto dan posisi Kabaharkam diisi oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan rotasi ini. Dedi menerangkan, rotasi di lingkungan pejabat Mabes Polri ini dalam rangka kebutuhan organisasi.

"Ya (rotasi karena) menggantikan yang purna tugas pak Irwasum (Komjen Putut) dan Pak Kabaintelkam (Komjen Unggung) serta selain itu promosi serta tour of area dan tour of duty dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi," kata Dedi kepada reporter Tirto, Jumat (26/4/2019).

Selain itu, Mabes Polri juga merotasi jabatan Kapolda Jawa Barat yang akan diisi Asops Kapolri Irjen Rudi Sufahriadi. Posisi Asops Kapolri diisi Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin. Sementara itu, posisi Kapolda Papua diisi Brigjen Pol Rudolf A. Rodja yang kini menjabat Kapolda Papua Barat.


Polda Papua Barat akan dipimpin Brigjen Herry Rudolf Nahak yang kini menjabat Dirtipidum Bareskrim Mabes Polri. Di sisi lain, kursi Dirtipidum yang ditinggalkan Nahak akan diisi Brigjen Nico Afinta yang juga pernah menjadi Dirkrimum Polda Metro Jaya.

Sementara itu, kursi Kapolda Jawa Tengah akan diisi oleh Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Rycko yang kini Gubernur Akpol Lemdiklat Polri akan digantikan oleh Kapolda NTB Irjen Achmat Juri. Sementara kursi Kapolda NTB akan diisi Brigjen Nana Sujana yang kini duduk sebagai Dirpolitik Baintelkam Polri.

Kemudian, Mabes Polri juga merotasi Brigjen Teddy Minahasa mantan Kapolda Banten dari Wakapolda Lampung menjadi Sahlijemen Kapolri. Posisi Wakapolda Lampung diisi Kapolrestabes Surabaya Kombes Rudi Setiawan.

Di level Polda Metro Jaya pun terjadi rotasi. Posisi Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan diganti Kombes Iwan Kurniawan. Kemudian kursi Dirnarkoba Polda Metro Jaya yang dipegang Kombes Suwondo Nainggolan akan diisi oleh Kombes Herry Heriawan.

Kemudian, Mabes Polri juga merotasi Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Ulung Sampurna dengan Kombes Umar Dani. Ulung, Suwondo dan Adi dirotasi sebagai analis dalam rangka pendidikan.


Baca juga artikel terkait ROTASI JABATAN atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight