Yuri Borisovich Milner

Investor Pengusaha
LahirMoskow, 11 November 1961
ProfesiInvestor Pengusaha
Karier
  • Investor Pengusaha
Pendidikan
  • Moscow State University

Yuri Borisovich (Bentsionovich) Milner (bahasa Rusia: Юрий Борисович (Бенционович) Мильнер; lahir 11 November 1961 adalah seorang pengusaha asal Rusia, kapitalis ventura dan fisikawan.


Lahir dalam keluarga berketurunan Yahudi pada 11 November 1961 di Moskow, Yuri Milner merupakan anak kedua dari intelektual Rusia. Ayahnya, Bentsion Zakharovitch Milner ( Бенцион Захарович Мильнер ), adalah seorang ahli terkemuka di bola manajemen dan organisasi.


Yuri pernah menjabat sebagai Kepala Deputi Direktur di Institut Ekonomi di Russian Academy of Science. Ia menempuh pendidikan pada jurusan fisika teoritis di Moscow State University, lulus pada tahun 1985.


Ia mendirikan perusahaan investasi Digital Sky Technologies (DST), sekarang disebut Mail.ru Group dan DST global. Milner adalah investor di Facebook, Zynga, Twitter, Flipkart, Spotify, ZocDoc, Groupon, JD.com, Planet Labs, Xiaomi, OlaCabs, Alibaba, Habito, dan lain-lain.


Yuri juga menjadi salah satu investor perusahaan ponsel pintar Xiaomi. Ia telah meramalkan bahwa valuasi Xiaomi bisa naik dua kali lipat menjadi US $ 100.000.000.000 (Rp1,325 triliun).