STOP PRESS! DPR Setuju Gunakan Hak Angket terhadap KPK

Yang Jiechi

Yang Jiechi

Lahir
Shanghai, 01/05/1950
Profesi
Anggota Dewan Negara dari Republik Rakyat Cina (2013-)
Agama
Tidak Diketahui
Karier
  • Anggota Dewan Negara dari Republik Rakyat Cina (2013-)
Pendidikan
  • University of Bath (-)
  • London School of Economics (-)
  • Nanjing University (-)

Yang Jiechi adalah seorang politikus Cina berpangkat tinggi dan diplomat. Dia adalah Menteri Luar Negeri kesepuluh dari Republik Rakyat Cina, yang menjabat sejak tahun 2007 hingga 2013. Ia bergabung dengan lingkaran dalam Dewan Negara pada 2013 di bawah Pemerintahan Li Keqiang.


Dalam kapasitas ini, ia menjabat sebagai direktur Luar Negeri Leading Group Office, salah satu arsitek paling menonjol dari kebijakan luar negeri China. Ia menghabiskan banyak kehidupan profesionalnya di Amerika Serikat, di mana ia menjabat sebagai Duta Besar China 2001-2005.


Dia sebelumnya menjabat sebagai diplomat di Amerika Serikat, dan pernah menjabat sebagai Sekretaris Kedua pada tahun 1983 dan kemudian sebagai duta besar dari 2001 hingga 2005. Selanjutnya ia menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri dan bertanggung jawab untuk Amerika Latin dan Hong Kong, Macau, dan Taiwan.


Pada sidang pleno pertama Kongres ke-12 Rakyat Nasional pada Maret 2013, Yang Jiechi terpilih sebagai anggota Dewan Negara. Jiechi merupakan anggota Komite Sentral ke-18 Partai Komunis China. Dia juga merupakan anggota Komite Sentral ke-17 Partai Komunis China dan anggota alternatif dari Komite Sentral ke-16.