Wishnu Wardhana

Pengusaha Indonesia
Lahir-
ProfesiPengusaha Indonesia
Karier
  • Wakil Ketua Umum Bidang Lembaga Keuangan Nonbank, Asuransi, dan Pasar Modal
  • Sekretaris jenderal Kadin RI- Amerika Serikat
  • Ketua APEC CEO Summit (2013)
  • Pengusaha Indonesia
Pendidikan
  • Pepperdine University, California, United States, with a Bachelor of Arts in Economics (1993)

Pengusaha muda Indonesia, Wishnu Wardhana, menjadi wakil presiden di PT Indika Energy Tbk perusahaan energi terbesar Indonesia sejak Mei 2009. Sebelumya dia menjabat sebagai direktur. Di usianya yang menginjak sekira 40 tahunan, dia telah menduduki jabatan Komisaris Kideco, PT Indika Mitra Energi dan PT Indoturbine. Whisnu juga menjadi Presiden Direktur PT Teladan Resources, sebuah kelompok usaha yang bergerak di bidang jasa minyak dan gas, aset sumber daya alam, dan perkebunan kelapa sawit.

Selain itu, dia juga Direktur Utama PT Indika Inti Corpindo dan PT Teladan Properties. Dirinya juga menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Indika Infrastruktur Investindo dan Komisaris Utama Teladan Prima Group.

Sebelumnya, lulusan jurusan ekonomi Pepperdine University, California, Amerika Serikat tahun 1993 ini, pernah menjabat direktur pengelola Mahaka Group dan pemimpin aktif pengembangan tanaman kalsium oksida 400 MTD di Freeport, Papua.

Wishnu tercatat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Lembaga Keuangan Nonbank, Asuransi, dan Pasar Modal, yang pernah menjabat menjadi Sekjen Kadin RI-AS. Selain menyelami dalam dunia bisnis, rupanya Wishnu juga pernah menjadi kandidat ketua umum Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) pada tahun 2010. Bahkan dia adalah satu-satunya calon termuda dari empat pesaingnya seperti Sandiaga Uno, Suryo Bambang Sulistio, Adi Putra Tahir dan Chris Kanter.

Dewi fortuna memang belum mengantarkan dia menjadi ketua umum Kadin, namun beruntungnya tahun 2012 Wishnu didaulat menjadi Ketua APEC CEO Summit 2013. Dan saat ini dia merupakan Ketua APEC Advisory Business Council (ABAC) Indonesia. Sebelumnya, jabatan ini dipegang oleh John A. Prasetyo. Perwakilan Indonesia lainnya di ABAC adalah Anindya Bakrie.