Wimboh Santoso

LahirBoyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 15 Maret 1957
Profesi
Karier
  • Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (2017-2022)

Wimboh Santoso merupakan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2017-2022 yang ditetapkan oleh Komisi XI DPR. Wimboh menang telak dengan perolehan 50 suara dari rivalnya, Sigit Pramono yang hanya memperoleh 4 suara. Sebelumnya Wimbo menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mandiri, menggantikan Darmin Nasution yang diangkat menjadi Menko Perekonomian pada 2015.

Wimboh mengawali kariernya dengan menjabat sebagai pemeriksa dan pengawas bank di Bank Indonesia. Kemudian, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret ini melanjutkan pendidikannya di jurusan Business Administration di University of Illinois, Amerika Serikat pada 1992. Setelah menyandang gelar master, pada 1995 dia mengikuti program doktoral dan berhasil meraih gelar Phd di bidang Financial Economic di Loughborough University pada 1999.

Tahun 2012, Wimboh sempat menjabat Kepala Perwakilan BI di New York dan kemudian dia menjabat Direktur Eksekutif IMF mewakili ASEAN plus Fiji, Tonga dan Nepal hingga April 2015. Selain itu, pasca reformasi Indonesia 1997/1998 Wimboh menjadi sosok penting dalam reformasi perbankan setelah Indonesia dilanda krisis pada tahun menjelang reformasi tersebut. Dia berhasil membentuk unit Stabilitas Sistem Keuangan di BI. Dia turut andil dalam pembentukan OJK dengan menyiapkan Jaring Pengaman Sistem Keuangan yang bekerjasama dengan Kementerian Keuangan.