William Arthur Philip Louis

LahirBritania Raya, 21 Juni 1982
Profesi
Pendidikan
  • Ludgrove School
  • Eton College
  • University of St.Andrews

William Arthur Philip Louis atau Pangeran William adalah anak tertua dari Pangeran Charles, Pangeran dari Wales dan almarhum Diana, Putri dari Wales, cucu dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Adipati dari Edinburgh, suami dari Kate Middleton. Ia berada di garis kedua setelah ayahnya, Pangeran Charles, untuk menempati tahta kerajaan.

Saat kecil, orangtua William memiliki panggilan sayang untuknya yaitu 'Wombat' atau 'Wills' yang sampai saat ini masih menjadi nama panggilannya. Pangeran William kehilangan sang ibu tercinta, Lady Diana, ketika berusia 15 tahun.

Pada usia tujuh tahun, William dilaporkan mengatakan kepada ibunya bahwa ia ingin menjadi seorang polisi ketika ia lebih tua sehingga ia mungkin bisa melindunginya; pernyataan yang saudaranya Menjawab: "Oh, tidak bisa. Kamu harus menjadi Raja."Penampilan publik pertama William adalah pada 1 Maret 1991 (Hari Santo David), selama kunjungan resmi dari orang tuanya untuk Cardiff, Wales.

Setelah tiba dengan pesawat udara, William dibawa ke Katedral Llandaff di mana ia menandatangani buku tamu, sehingga menunjukkan bahwa dia kidal. Pada tanggal 3 Juni 1991, William dirawat di Rumah sakit Royal Berkshire setelah tanpa sengaja di pukul di daerah samping dahi oleh sesama murid yang memegang stik golf. Dia tidak kehilangan kesadaran, namun mengalami patah tulang pada tengkorak dan dioperasi di Rumah sakit Great Ormond Street, mengakibatkan bekas luka yang permanen.

Dalam sebuah wawancara 2009, ia menjuluki bekas luka ini "Luka Harry Potter". Dia dilaporkan telah berkata, "Saya menyebutnya "The Scar" karena kadang-kadang bersinar dan beberapa orang melihat, kadang kadang mereka tidak melihat sama sekali".

Wills bersekolah di Ludgrove School, Berkshire, setelah lulus dari Mynors School. Dari Ludgrove, ia melanjutkan ke Eton College dengan mengambil pelajaran Geografi, Biologi, dan Sejarah Seni. Keputusan untuk menyekolahkan William di Eton bertentangan dengan kebiasaan keluarga kerajaan yang turun temurun bersekolah di Gordonstoun. Keputusan ini mengikuti kebiasaan keluarga mendiang ibunya, Diana Spencer, yang selama dua generasi bersekolah di Eton.

Lulus dari Eton ia tidak langsung meneruskan pendidikannya ke universitas, namun ia mengunjungi Chili, Belize, bekerja di pemerahan susu di Inggris, serta mengunjungi negara-negara eksotis di Afrika. Baru setelah menyelesaikan perjalanannya Pangeran William mendaftar di St. Andrews University, Skotlandia, dengan nama William Wales. Ia berhasil menyelesaikan studinya di bidang Geografi pada tahun 2005 dengan hasil yang memuaskan.

Kemudian Wills memasuki Akademi Militer Kerajaan Sandhurst. Satu tahun setelahnya, Wills lulus dari akademi tersebut dengan pangkat letnan. Ia kemudian bergabung dengan Blues and Royals sebagai prajurit bersama sang adik, Pangeran Harry. Selanjutnya, ia mendaftar di pusat pelatihan Angkatan Udara Kerajaan dan Pasukan Udara Kerajaan dengan pangkat Sub-letnan pada awalnya namun kemudian naik menjadi Petugas Penerbang yang setara dengan pangkat Letnan di Angkatan Darat.

Pada Januari 2009, Wills dipromosikan menjadi Letnan Penerbang. Ia dilatih untuk menjadi pilot helikopter oleh Pasukan RAF's Search and Resque. Wills melakukan misi penyelamatan pertamanya pada 2 Oktober 2010 setelah mendapat panggilan darurat penjaga pantai Liverpool. Ia dan tiga kru lainnya berhasil menyelamatkan seorang pria yang terkena serangan jantung di laut. November 2011, ia melakukan misi penyelamatan yang melibatkan kapal barang yang tenggelam di laut Irlandia. Sebagai co-pilot, ia berhasil menyelamatkan dua orang pelaut yang kemudian dirawat di rumah sakit Bangor.

William banyak menaruh perhatian pada lingkungan dan kemanusiaan. William mulai peduli pada penderita penyakit HIV/AIDS sejak pertengahan 1990. William juga biasanya bekerja di yayasan adiknya, Pangeran Harry, Sentebale. Pada Januari 2005, William dan Harry menjadi relawan di British Red Cross. Selanjutnya, pada bulan September, dia membantu para gelandangan lewat Centrepoint.

Pada 16 November 2010, kerajaan mengumumkan rencana pernikahan keduanya. Kate dihadiahi sebuah cincin safir 18 karat milik Lady Diana sebagai tanda pertunangan. Pada 29 April 2011, pasangan ini menikah di Westminster Abbey, London.

Pada 22 Juli 2013, akhirnya William resmi menjadi ayah. Istri William, Kate melahirkan putera pertamanya pukul 16.24 waktu setempat. Bayi dengan berat 3,7 kg itu dilahirkan secara normal.

Sumber riset: https://id.wikipedia.org/wiki/Pangeran_William,_Adipati_Cambridge