Wahidin Halim

Walikota Pemerintah Kota Tangerang (null-2013)
Lahir: Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia, 15 Agustus 1954
Karir
  • Walikota Pemerintah Kota Tangerang

WAHIDIN HALIM yang biasa disapa WH terlahir pada 14 Agustus 1958 di Kampung Pinang Tangerang. Sebuah tempat yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian Kota. Rumah yang ditempatinya sampai sekarang adalah tanah warisan orang tuanya. Ayahnya hanya seorang guru yang bersahaja di tengah suasana pedesaan saat itu, yang lebih mengabdikan hidupnya di dunia pendidikan.

WH kecil memulai pendidikan di SD Pinang, yang kala itu hanya berdinding bambu dan berlantai tanah. Wajar, jika semasa itu tidak mengenal sepatu, layaknya anak sekolahan masa kini. Setamat SD, WH melanjutkan SMP dan SMA di Tangerang.


Baginya, berjalan kaki setiap hari saat SD dan SMP serta bersepeda saat SMA merupakan keharusan, dengan jarak kurang lebih 9 Kilometer sekali tempuh. Bakat dan aktivitas sosialnya sangat nampak sejak kecil.


Menjadi juara pidato tingkat anak-anak di desanya adalah prestasi yang mengawali keberadaannya di masyarakat. Mencari rumput dan ngangon kerbau peliharaan sang ayah, atau mandi di kali angke menjadikannya terasah dalam menghadapi realitas kehidupan di sekitarnya, sekaligus mengajarinya banyak hal tentang arti kehidupan.


WH mulai berkeluarga saat Tuhan menganugerahinya seorang gadis Jawa temannya kuliah, Niniek Nuraini, yang dinikahi dan dikaruniai 3 orang anak, 2 perempuan dan 1 laki-laki; Lucky Winiastri, 29 tahun lulusan S2 Akuntansi Perguruan Tinggi di Australia sekarang bekerja sebagai auditor (PNS) dan Dosen. Nesya Sabina, 27 tahun, lulusan Sarjana Hukum UI sekarang bekerja sebagai Jaksa (PNS).


Dan Mohammad Fadhlin Akbar, 26 tahun, wiraswasta dan mengelola lembaga pendidikan. Nilai-nilai kesahajaan dan tutur kata yang santun sang ayah sangat membekas dalam perilaku hidup kesehariannya, dan sikap itu juga yang diwariskan kepada anak-anaknya.


Pengusaha Indonesia yang menjabat sebagai Walikota Tangerang periode 2003-2013. Wahidin Halim diusung oleh Partai Demokrat menjadi Walikota Tangerang dengan wakil Arief Rachadiono Wismansyah. Dia mengundurkan diri dari jabatan Walikota Tangerang karena akan mencalonkan diri sebagai DPR RI 2014-2019, dan digantikan oleh wakilnya Arief Rachadiono Wismansyah.

 

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
April 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 111 sentiment publik
75%
2%
23%
Maret 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 772 sentiment publik
58%
2%
40%
DarkLight