Via Vallen

Penyanyi Indonesia
LahirSidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, 1 Oktober 1991
ProfesiPenyanyi Indonesia
Karier
  • Penyanyi Indonesia

Maulidia Octavia atau yang lebih dikenal dengan nama Via Vallen merupakan penyanyi dangdut Indonesia. Via Vallen memulai kariernya sebagai penyanyi pada usia 15 tahun. Sebenarnya, bakat menyanyi Via sudah muncul sejak dia masih anak-anak, dia sering mengikuti manggung bersama ayahnya yang seorang musisi dangdut. Selain itu, Via juga tercatat sebagai vokalis dari grup musik WILDBOY SYNDICATE. Tahun 2015, Via mengeluarkan single pertamanya berjudul “Selingkuh”. Single ini membuat Via semakin dikenal masyarakat pecinta musik Tanah Air. Bahkan, Via mempunyai kelompok penggemarnya yang diberi nama “Vyanisty” yang sudah berdiri sejak 2010.

Di tahun 2016, Via kembali meluncurkan single keduanya yang berjudul “Secawan Madu”. Di tahun yang sama Via meluncurkan single kembali yaitu “Sakit Sakit Hatiku”. Tahun berikutnya Via meluncurkan enam single lagunya, salah satunya berjudul “Sayang”. Kesuksesannya dalam dunia tarik suara membuahkan penghargaan dari ajang SCTV Music Awards 2017 dalam kategori “Penyanyi Dangdut Paling Ngetop”. Setelah mendapatkan penghargaan ini, popularitas Via digadang-gadang mampu menggeser popularitas Ayu Ting Ting yang lebih dahulu terkenal sebagai penyanyi dangdut.

Via Vallen kembali menjadi buah bibir masyarakat terkait konflik dirinya dengan drummer Superman Is Dead (SID), Jerinx menganggap Via membawakan lagu "Sunset di Tanah Anarki" tanpa izin dari bandnya dan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari penjualan DVD cover lagu "Sunset di Tanah Anarki".