Ulil Abshar Abdalla

LahirPati, Jawa Tengah, 11 Januari 1967
Profesi
Karier
  • Ketua Divisi PPSK Partai Demokrat
Pendidikan
  • Madrasah Mathali'ul Falah
  • Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
  • Universitas Boston, Massachussetts, AS

Ulil Abshar Abdalla dibicarakan publik karena ia pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL). Menantu dari Mustofa Bisri ini berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama. Ayahnya Abdullah Rifa'i adalah pengasuh pondok pesantren Mansajul Ulum, Pati. 

Sebelum mendirikan JIL, Ulil dikenal sebagai salah satu intelektual muda Islam. Ia mengenyam pendidikan tradisional pesantren sekaligus pendidikan modern. Di sekolah modern, ia tercatat pernah menempuh program doktoral di Universitas Boston, Massachussetts, AS. Ia pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara. Sementara di pendidikan tradisional ia tercatat pernah belajar di pesantren Mansajul 'Ulum, Cebolek, Kajen, Pati, serta Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang.

Dengan sejumlah pendidikan yang ia peroleh, Ulil aktif dalam berbagai lembaga kajian keilmuan. Di NU, ia pernah aktif di Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakspesdam) sekaligus aktif sebagai peneliti di Institut Studi Arus Informasi (ISAI). Sementarara di lembaga kajian agama, Ulil pernah aktif pula di sebagai Direktur Program Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP).

Di sisi lain, Ulil aktif di aktifitas politik. Ketika Anas Urbaningrum menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Ulil diberi tempat sebagai Ketua Divisi Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengurus Pusat.