STOP PRESS! 2 Terluka Akibat Kabar Hoax Menara Masjid Raya Bandung Roboh

Travis Kalanick

Travis Kalanick

Lahir
Los Angeles, 06/08/1976
Profesi
CEO Uber Technologies Inc. (-)
Agama
Tidak Diketahui
Karier
  • CEO Uber Technologies Inc. (-)

Travis C. Kalanick adalah seorang wirausahawan Amerika Serikat. Ia merupakan pendiri perusahaan berbagi berkas Red Swoosh dan perusahaan jaringan transportasi Uber. Ia mengenyam pendidikan pada jurusan teknik komputer Universitas California, Los Angeles. Ibunya, Bonnie, bekerja di bidang periklanan ritel, dan ayahnya, Donald, adalah seorang teknisi.


Pada tahun 1998, Kalanick berhenti kuliah, lalu mendirikan Scour Inc., mesin pencari multimedia, dan Scour Exchange, layanan berbagi berkas sejawat bersama teman-temannya. Tahun 2000, Motion Picture Association of America, Recording Industry Association of America (RIAA), dan National Music Publishers Association (NMPA) menggugat Scour atas tuduhan pelanggaran hak cipta.Pada September 2000, Scour menyatakan bangkrut agar terlepas dari tuntutan hukum tersebut.


Pada tahu 2009, Kalanick dan Garrett Camp mendirikan Uber, aplikasi bergerak yang menghubungkan penumpang dengan pengemudi kendaraan khusus sekaligus layanan berbagi tumpangan. Uber beroperasi di lebih dari 100 kota di seluruh dunia. Uber menuai kontroversi di sejumlah kota di Amerika Utara seperti Washington DC, Chicago, Toronto, dan New York City.