Tora Sudiro

Aktor Indonesia
LahirJakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 10 Mei 1973
ProfesiAktor Indonesia
Karier
  • Aktor Indonesia

Taura Danang Sudiro atau yang dikenal dengan nama Tora Sudiro adalah seorang aktor, komedian serta produser berkebangsaan Indonesia.

Tak hanya bergelut di dunia komedi, namun Tora juga bermain dan membintang berbagai judul film layar lebar, diantaranya adalah Nagabonar Jadi 2, Cinlok, D Bijis, Arisan dan belasan judul film lainnya.

Film Arisan (2003) sekaligus menjadi film yang melambungkan namanya di dunia hiburan tanah air, dalam film tersebut Tora berperan sebagai seorang pria gay, yang menuntutnya beradegan ciuman dengan lawan main, Surya Saputra. Sebuah adegan ciuman antara dua laki-laki yang tercatat pertama kali dalam sejarah film Indonesia.

Ia pernah meraih Piala Citra sebagai aktor pemeran utama terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2004. Lewat film “Arisan!”, yang dibintanginya bersama Surya Saputra, Cut Mini, Aida Nurmala dan Rachel Maryam.
Sebelum terjun di dunia perfilman, Tora bekerja adalah petugas asuransi, sound engineer dan periklanan. Bahkan ia pernah sekolah di Selandia Baru untuk belajar ilmu sound engineer tersebut.

Setelah membintangi sejumlah judul film, tawaran untuk bermain di sejumlah sinetron pun mengalir. Orang pun akrab dengan wajahnya di acara komedi entertainment Extravaganza di salah satu stasiun televisi swasta. Dari situlah, masyarakat penikmat televisi mulai mengenalnya.

Setelah bercerai dengan Anggraini Kadiman pada 7 Agustus 2009, Tora mengumumkan pernikahanya dengan lawan mainya di Extravaganza, Mieke Amalia lewat akun twitter-nya pada akhir 2009.

Pada Kamis, 3 Agustus 2017, Petugas Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menciduk Tora Sudiro (TS) dan istrinya Mieke Amalia (MA) lantaran diduga terlibat penggunaan narkoba. Berdasarkan informasi kedua artis itu yakni Tora Sudiro dan istrinya Mieke Amalia yang ditangkap petugas di rumahnya kawasan Jalan Diponegoro Ciputat Tangerang Selatan.