STOP PRESS! Teks Lengkap Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

Tony Fernandes

Tony Fernandes

Lahir
Kuala Lumpur, 30/04/1964
Profesi
CEO AirAsia (-)
Agama
Tidak Diketahui
Karier
  • CEO AirAsia (-)

Anthony Francis Fernandes atau lebih dikenal dengan nama Tony Fernandes adalah CEO dari salah satu penerbangan berbiaya murah terbesar didunia, AirAsia. Fernandes adalah seorang warga negara Malaysia berdarah India dan Portugis.


Fernandes merupakan pendiri Tune Air Sdn. Bhd. yang memperkenalkan konsep penerbangan murah pertama lewat AirAsia. Fernandes berhasil mengubah AirAsia dari perusahaan penerbangan pemerintah yang kolaps menjadi perusahaan penerbangan swasta yang bertumbuh sukses hingga saat ini.


Pada tahun 2003 Tony berhasil melakukan negosiasi dengan PM Malaysia Dr. Mahathir Mohamad untuk meloloskan open skies agreement (perjanjian pasar terbuka untuk operasi perusahaan penerbangan) dengan Thailand, Indonesia, dan Singapura.


Pada tahun 2007, Fernandes merintis jaringan perhotelan Tune Hotels dengan konsep no-frills (eliminasi layanan sampingan untuk memotong beban operasional dan tarif) seperti AirAsia. Sejauh ini Tune Hotels sudah beroperasi di Inggris, Australia dan Timur Tengah.


Tak hanya berbisnis didunia penginapan dan penerbangan, Fernandes juga merupakan pendiri tim Caterham F1 Formula One yang mulai berlaga di tahun 2010 lewat Lotus Racing dan Team Lotus pada tahun 2011. Pada tahun 2014, Caterham F1 dijual kepada pihak lain. Ia juga sempat menjadi pembawa acara reality show The Apprentice Asia pada tahun 2013.


Sebagai fans berat klub sepakbola West Ham United, Fernandes sempat mengajukan tawaran untuk membeli 51 persen saham klub asal Inggris tersebut. Namun niat itu urung terlaksana.