Tom Petty

LahirFlorida, Amerika Serikat, 20 Oktober 1950
Profesi
Karier
  • Musisi Amerika Serikat

Tom Petty bernama panjang Thomas Earl Petty merupakan penyanyi asal Amerika Serikat yang meninggal akibat serangan jantung pada 2 Oktober 2017. Sebelumnya, Tom dilarikan ke rumah sakit UCLA Santa Monica karena ditemukan tidak sadarkan diri di rumahnya.

Karier musik Petty dimulai bersama band  The Sundowners, The Epics, dan Mudcrutch. Kemudian Petty bergabung dengan The Heartbreakers bersama dengan Randall Marsh, Mike Campbell, dan Benmont Tench. Ketelibatannya menjadi bagian band The Heartbreakers membuat dia terkenal sebagai Tom Petty and the Heartbreakers.

Pada 1976 album perdana  Tom Petty & the Heartbreakers dirilis. Setahun kemudian singel  "Breakdown" dirilis ulang dan sukses meramaikan tangga lagu Amerika Serikat.

Pada 1988 bersama Bob Dylan, George Harrison, Roy Orbison, dan Jeff Lynne, dia mendirikan  Traveling Wilburys. traveling Wilburys merilis album perdananya berjudul  Traveling Wilburys Vol. 1. Di tahun 1990, album kedua Traveling Wilburys dirilis dengan judul Traveling Wilburys Vol. 3.

Lagu-lagu seperti  "I Won't Back Down", "Free Fallin'", dan "Runnin' Down A Dream" terdapat dalam album Full Moon Fever yang dirilis Petty pada 1989.

Selain bernyanyi, Petty juga pernah menjadi pemeran figuran dalam film FM. Selama kariernya, Petty sudah mendapatkan beberapa penghargaan di antaranya Penghargaan  Penghargaan George dan Ira Gershwin pada 1996. Tahun 1999, nama Tom Petty and the Heartbreakers ditorehkan di bintang  Hollywood Walk of Fame.