Timothy Donald Cook

CEO Apple, Inc
LahirRobertsdale, Alabama, Amerika Serikat, 1 November 1960
ProfesiCEO Apple, Inc
Karier
  • CEO Apple, Inc
Pendidikan
  • Auburn University (1982)
  • Duke University (1988)

Tim Cook adalah seorang pria jenius dan merupakan CEO dari perusahaan teknologi terbesar di dunia yakni Apple, Inc. Sebelum menempati posisi sebagai CEO pada Agustus 2011, Tim menempati posisi sebagai Apple Chief Operating Officer dan bertanggung jawab untuk semua penjualan di seluruh dunia, ia juga mengepalai divisi Apple Macintosh dan memainkan peran kunci dalam pengembangan lanjutan dari reseller dan pemasok hubungan strategis serta memastikan fleksibilitas dalam menanggapi pasar yang semakin menuntut. Pria kelahiran Robertsdale, Alabama, Amerika Serikat 55 tahun lalu ini, adalah lulusan dari fakultas teknik industri di Auburn University, ia kemudian melanjutkan studi S2 nya di Fuqua School of Business, Duke University dengan mengambil konsentrasi studi Bisnis Administrasi.


Karir Cook bisa dibilang cukup baik, ia pernah bekerja dengan berbagai perusahaan besar di dunia. Pada tahun 1998, ia bekerja dengan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan komputer bekas. Tim juga pernah menduduki posisi sebagai Kepala Kantor Cabang IBM di North America Fullfillment selama 12 tahun. Pengalamannya bekerja di berbagai perusahaan besar membuat karir dan prestasinya di dunia bisnis semakin gemilang.


Tim Cook juga pernah bergabung dengan sebuah perusahaan komputer yang bernama Compaq, sat itu ia berposisi sebagai Wakil Direktur dan bertanggung jawab untuk pengadaan dan mengelola semua persediaan produk Compaq. Sebelumnya, Tim adalah petugas operasi kepala Divisi Reseller di elektronik cerdas, hal ini dapat dilihat sebagai suatu prestasi yang membanggakan bagi Tim, apalagi Compaq termasuk sebagai salah satu perusahaan komputer yang besar, namun sayang Tim hanya bertahan di perusahaan tersebut selama tujuh bulan.


Setelah keluar dari perusahaan Compaq, Tim akhirnya memutuskan bergabung dengan Apple, Inc yang merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Bergabungnya Tim di perusahaan tersebut atas penawaran kerja sama dari CEO Apple yaitu Steve Jobs. Saat itu, Tim bertanggung jawab untuk membenahi sistem bisnis yang saat itu sedang dalam masalah. Pada tahun 2011, CEO Apple Steve Jobs mengumumkan secara resmi untuk mundur dari jabatannya, hingga Jobs mempercayai Tim Cook untuk menggantikan posisinya sebagai CEO Apple sampai saat ini.