Tifatul Sembiring

Tifatul Sembiring

timeter overall

+22
Lahir
Bukittinggi, 28/09/1961
Profesi
Menteri Komunikasi dan Informatika (2009-2014)
Karier
  • Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah I Sumatera (-)
  • Menteri Komunikasi dan Informatika (2009-2014)
Pendidikan
  • Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STI&K) Jakarta. (-)
Penghargaan
  • Penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana Oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Bintang Mahaputera merupakan simbol penghargaan bagi warga Indonesia yang berprestasi di bidang atau peristiwa tertentu (2014)

Ir. H. Tifatul Sembiring adalah seorang politikus Indonesia berdarah Sumatera yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia menjabat sebagai Menkominfo sejak 22 Oktober 2009 hingga 30 September 2014.



Sebelumnya ia menggantikan Hidayat Nur Wahid sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tifatul Sembiring merupakan insinyur komputer lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STI&K) Jakarta.



Sebelum terjun dalam politik praktis, ia pernah berkarier di PT PLN (Persero) dalam bidang telekomunikasi dan pemrosesan data. Ia juga pernah menjadi aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII) semasa mudanya, kemudian menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Pusat Perhimpunan Keluarga Besar PII periode 2008-2011.


Di sisi lain sebagai seorang politikus, Tifatul merupakan seorang pendakwah. Dulu, saat masih menjadi mahasiswa, ia dikenal pula sebagai seorang aktivis dakwah kampus. Di forum inilah, ia bertemu dan mengenal sang istri. Pekerjaannya sebagai politikus dan pendakwah mengharuskannya berada di luar rumah dengan waktu yang cukup lama.


Namun, hal ini cukup dipahami oleh anak-anaknya serta istrinya. Meskipun ia mempunyai jadwal yang cukup padat, ia mengaku selalu berusaha meluangkan waktu dengan keluarganya. Ia tak keberatan, jika anak-anaknya memberinya masukan ataupun kritik. Dengan begitu, ia berkata bahwa anak-anaknya tak akan merasa asing dengan ayahnya meskipun ia sibuk.


Menginjak usia 50 tahun, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring meluncurkan Biografi berjudul Sepanjang Jalan Dakwah. Buku setebal 623 halaman ini mengupas lengkap perjalanan perjuangan Tifatul Sembiring semasa hidupnya hingga ia dipercaya memangku jabatan sebagai salah satu menteri di dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.


Di akhir masa jabatannya, ia dianugerahi penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana, yang diberikan langsung oleh Presiden waktu itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Bintang Mahaputera merupakan simbol penghargaan bagi warga Indonesia yang berprestasi di bidang atau peristiwa tertentu.