Sutan Adil Hendra

Anggota DPR-RI (2014 - 2019)
LahirTapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia, 2 September 1968
ProfesiAnggota DPR-RI (2014 - 2019)
Karier
  • Penasehat Staf Khusus Walikota Jambi
  • Anggota DPR-RI (2014-2019)
Pendidikan
  • SMA Negeri Tanobato Madina
  • Universitas Islam Sumatera Utara UISU
  • Unversitas Jambi UNJA

Sutan Adil Hendra merupakan seorang poitisi dariPartai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) periode 2014-2019. Ia menduduki Komisi X membidangi Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, Perpustakaan. Pada tanggal 12 Januari 2016, ia menggantikan Nuroji sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR-RI. Selain itu, Sutan juga merupakan seorang Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Jambi Partai Gerindra.

Pria kelahiran Tanapuli Selatan pada tanggal 02 September 1968 ini mempunyai latar belakang sebagai pengusaha perkebunan. Ia pernah dipercaya sebagai direktur utama di beberapa perusahaan di Jambi, seperti PT. Mitra Agro Gema Sejahtera; PT. Multi Nugraha Plantation; PT. Mandiri Sawit Sejahtera; PT. Anugrah Agung Persada dan PT. Mitra Utama Sejahtera. Selain itu, Sutan Adil Hendra juga pernah menjadi Direktur untuk beberapa perusahaan seperti PT. Tebo Indah Adil Pratama; PT. Produk Sawit Indo dan PT. Kecubung Khatulistiwa. Selain itu ia juga seorang Komisaris Utama untuk PT. Multi Nugraha dan PT. Sukses Sawit Group. 

Karirnya di dunia politik terbilang cukup gemilang. Sutan Adil Hendra mulai menggeluti karir politiknya dengan menjadi penggiat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Jambi sejak akhir tahun 2010 lalu, organisasi sayap Partai Gerindra. Sutan Adil juga merupakan Ketua HKTI Provinsi Jambi dan juga dipercayai untuk menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi. Bagi suami dari Evi Herawati ini dalam berjuang, bekerja dan berusaha, kunci utama itu harus fokus. Dan disertai dengan niat seikhlas-ikhlasnya untuk ibadah serta hanya mengharap ridho Allah SWT.