Stan Lee

LahirNew York, 28 Desember 1922
Profesi
Karier
  • Penulis Amerika Serikat

Stan Lee merupakan seorang penulis, editor, penerbit, produser, dan aktor dari Amerika. Stan Lee mulai membuat komik untuk pertama kalinya pada tahun 1941 tentang Captain America.

Pada tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan lebih lengkap dalam karakter seorang pahlawan yang kuat, sehingga menarik minat orang banyak, khususnya anak-anak. Bekerja sama dengan beberapa seniman, termasuk Jack Kirby dan Steve Ditko, dia menciptakan Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan banyak karakter fiksi lainnya.

Dalam proses kreatifnya, Lee selalu berdiskusi dengan para seniman sebelum membuat sebuah kisah. Ia hanya tertarik dengan garis besar cerita yang akan diangkat oleh seniman.

Hal inilah yang membuat seniman-seniman komik merasa bebas berkarya di Marvel. Stan Lee tahu bahwa komik memiliki pengaruh yang cukup efektif dan bisa digunakan untuk kampanye.

Ia pernah membuat komik Spider Man untuk menggalang kampanye anti penyalahgunaan obat-obatan. Ia juga pernah menggunakan komik untuk aksi anti rasisme. Atas dedikasinya pada dunia komik, Lee telah dinobatkan dalam berbagai penghargaan. Namanya pernah tercatat dalam Will Eisner Comic Book Hall of Fame

Salah satu kontribusi paling awal Lee untuk animasi berdasarkan properti Marvel adalah mengisahkan seri animasi Incredible Hulk tahun 1980-an, yang selalu memulai narasinya dengan pengenalan diri dan diakhiri dengan "Ini adalah Stan Lee berkata, Excelsior!".

Stan Lee dilantik ke dalam industri buku komik Will Eisner Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Fame pada tahun 1995. Lee menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.

Pada tanggal 5 Desember 1947, Stan Lee menikahi Joan Clayton Boocock. Selama 69 tahun pernikahan, mereka dikaruniai dua anak, Joana Celia dan Jan. Lee harus berduka ketika pada Juli 2017, istrinya menghembuskan nafas terakhir.

Stan Lee dikabarkan meninggal dunia pada Senin, 12 November 2018 di usianya yang ke-95, di Cedar-Sinai Medical Center, Los Angeles.