Sir Alexander Chapman Ferguson

Pelatih Manchester United (1986-2013)
Lahir: Govan, Glasgow, Skotlandia, 31 Desember 1941
Karir
  • Pelatih Manchester United (1986-2013)


Bagi para penggemar Manchester United, pasti sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini. Sir Alexander Chapman "Alex" Ferguson CBE adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Skotlandia, yang pernah menangani Manchester United, di mana dia telah bertugas lebih dari 1000 pertandingan.

Dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah, dia telah memenangkan lebih banyak trofi daripada pelatih manapun sepanjang sejarah sepak bola Inggris. Dia telah menangani Manchester United sejak tanggal 6 November 1986 hingga 2013, menggantikan Ron Atkinson.

Alex Ferguson adalah seorang pelatih yang tetap setia kepada MU, dan telah banyak memberikan gelar bagi tim yang dijuluki The Red Devils tersebut. Pelatih asal Skotlandia ini, bisa dibilang kunci sukses Wayne Rooney dan kawan-kawan, yang telah dicapai hingga saat ini.

Di Manchester United, Sir Alex menjadi pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris, dengan memimpin tim memenangkan 12 gelar juara liga. Pada 1999, dia menjadi pelatih pertama yang membawa tim Inggris meraih treble dari Liga Utama, Piala FA dan Liga Champions UEFA.

Ferguson merupakan salah satu pelatih hebat, kepandaiannya dalam meracik dan mengatur strategi tidak usah diragukan lagi. Ferguson juga sukses menjadikan pemain yang biasa menjadi luar biasa, lewat binaan yang ia lakukan.

Ia juga menjadi satu-satunya pelatih yang memenangkan Piala FA sebanyak 5 kali, Fergie juga menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil memenangkan gelar Liga Inggris sebanyak 3 kali berturut-turut bersama tim yang sama (1998-1999, 1999-2000 and 2000-2001).

Pada 2008, dia bergabung bersama Brian Clough (Nottingham Forest) dan Bob Paisley (Liverpool) sebagai pelatih Britania yang pernah memenangkan kejuaraan Eropa sebanyak lebih dari satu kali.

 

DarkLight