Shinzo Abe

LahirTokyo, Jepang, 21 September 1954
Profesi
Karier
  • Kepala Sekretaris Kabinet (2005-2006)
  • Presiden Partai Demokrat Liberal (2006-2007)
  • Presiden Partai Demokrat Liberal (2012-2016)
  • Perdana Menteri (2012)
Pendidikan
  • Universitas Seikei
  • University of Southern California School of Public Policy

Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Jepang. Ia terpilih kembali menjadi Perdana Menteri pada Desembar 2012. Selain sebagai Perdana Menteri, Shinzo Abe juga merupakan Presiden dari Partai Demokrat Liberal (LDP).

 
Shinzo Abe pernah menjadi Perdana Menteri pada tahun 2006-2007. Di usia 52 tahun, Shinzo Abe menjadi Perdana Menteri Jepang termuda setelah perang dunia II. Tetapi, pada 12 september 2007, Ia mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri dengan alasan kesehatan.

 
Pada tanggal 26 September 2012, Shinzo Abe mengalahkan mantan Menteri Pertahanan, yaitu Shigeru Ishiba, sehingga Shinzo Abe kembali menduduki jabatan sebagai Perdana Menteri.


Shinzo abe lahir dari keluarga yang politisi. Keluarganya merupakan prefektur Yamaguchi. Shinzo Abe adalah putra dari Shintaro Abe (ayah) dan Yoko Kishi (ibu).

 
Pendidikan dasar hingga menengah atas Shinzo Abe dijalaninya di SD, SMP, SMA Seikei. Kemudian Ia melanjutkan studinya di jurusan Administrasi Negara Universitas Seikei, dan lulus pada tahun 1977. Shinzo abe juga pernah ke Amerika untuk belajar kebijakan publik di University of Southern California School of Public Policy selama tiga semester.

 
Setelah kematian ayahnya pada tahun 1991, Shinzo Abe terpilih mewakili distrik pertama Yamaguchi di tahun 1993. Pada tahun 1999, Ia menjadi Direktur Divisi Urusan Sosial. Ia juga menjadi Wakil Sekretaris Kabinet di Kabinet Yoshiro Mori dan Junichiro Koizumi pada tahun 2000-2003. Setelah menduduki beberapa jabatan penting, Shinzo Abe diberi kepercayaan untuk menduduki kursi Sekretaris Umum Partai Demokrat Liberal.

 
Pada tanggal 20 September 2006, Shinzo Abe terpilih sebagai presiden Partai Demokrat Liberal, yang saat itu sedang menguasai parlemen. Pada saat pemilihan di tanggal 26 September 2006, Shinzo Abe terpilih menjadi Perdana Menteri.

 
Saat menjadi Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe memiliki beberapa kebijakan. Diantara kebijakan Shinzo Abe di bidang ekonomi ialah menyatakan komitmen umum untuk reformasi fiskal. Ia menyeimbangkan anggaan Jepang dengan menunjuk seorang pakar kebijakan pajak sebagai Menteri Keuangan.

 
Di bidang pendidikan, Shinzo Abe melakukan reformasi terhadap buku-buku sejarah. Ia bersama dengan para politisi sayap kanan mengusulkan pemerintah untuk mendorong nasionalisme di kalangan pemuda Jepang.

 
Dalam kebijakan luar negerinya, Shinzo Abe mengambil sikap yang keras dan tegas terhadap Korea Utara. Untuk wilayah Laut Tiongkok Selatan, Shinzo Abe menyatakan kebutuhan untuk memperkuat hubungan politik, keamanan, dan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Sejauh ini, Shinzo Abe telah berhasil mengunjungi Filipina dan Indonesia.

 
Saat kedua kalinya menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berbicara di CSIS Washington DC, pada Februari 2013. Ia menjelaskan tentang tujuan ekonomi dan diplomatiknya.

 
Pada tanggal 24 Desember 2014, Shinzo Abe terpilih sebagai Perdana Menteri Jepang untuk ketiga kalinya. Ia melakukan reformasi yang drastis di bidang ekonomi, pertanian, kesehatan dan sektor lain.