Seungri

LahirSeoul, Korea Selatan, 12 Desember 1990
Profesi
Karier
  • Penyanyi Korea Selatan (Personil Bingbang)

Lee Seung-hyun atau lebih dikenal dengan nama panggungnya, Seungri, adalah penyanyi, penulis lagu dan aktor asal Korea Selatan. Ia adalah anggota termuda dari boy band Big Bang, sekaligus sub-vokalis dan penari utama grup ini. Ia memiliki nama panggung V.I saat tampil di Jepang. Seungri merilis album solo debut VVIP pada tahun 2011 dan album mini solo kedua Let's Talk About Love pada tahun 2013 baik dalam versi Korea maupun Jepang. Ia debut sebagai penyanyi solo di Jepang.

Sebelum bergabung dengan YG Entertainment, ia adalah leader dan anggota dari grup tari bernama "II Hwa" di kampung halamannya, Gwangju. Seungri memang dikenal atas kemampuan menarinya. Ia pertama kali muncul di televisi dalam acara realitas Let's Cokeplay: Mnet Battle Shinhwa di mana dalam acara tersebut Shinhwa tengah mencari para anggota baru untuk membentuk sebuah boy band yang akan menjadi "Shinhwa generasi kedua." Meskipun ia sangat berbakat dalam menari, kemampuan vokal Seungri yang tidak terlalu luar biasa membuatnya tereliminasi. Ia akhirnya mengikuti audisi YG Entertainment dan kemudian bergabung dengan Big Bang. Sayangnya, pada episode kesembilan ia juga tereliminasi. Namun ia diberi satu kesempatan lagi untuk membuat Yang Hyun Suk, CEO YG Entertainment, terkesan dan ia berhasil melakukannya.

Seungri diperkenalkan kepada anggota lainnya sementara G-Dragon membenci gagasan untuk membentuk boy band karena ia dan Taeyang sudah dilatih selama enam tahun untuk menjadi duo hip-hop. G-Dragon bahkan tidak mau berbicara dengan Seungri selama tiga bulan. Mereka kemudian mulai berteman akrab setelah sama-sama jatuh cinta pada drama yang sama, yakni Princess Hours.

Pada tahun 2011, Seungri membuka sebuah sekolah pelatihan vokal dan tari bernama "Seungri Academy" (nama resminya adalah Joy Dance – Plug In Music Academy). Seungri mengaku ingin mendapat pemasukan yang lebih stabil di luar profesinya sebagai penyanyi. Beberapa bintang K-Pop pernah mengikuti akademi itu, antara lain Minzy 2NE1, Jinwoo WINNER, Goo Hara KARA, Zelo B.A.P, Hyerin EXID, Hyuk VIXX, J-Hope Bangtan Boys dan masih banyak lagi.

Pada Maret 2019, Seungri menyatakan untuk mengundurkan diri dari industri hiburan karena sejumlah kasus yang menerpa dirinya.