Satya Widya Yudha

LahirKediri, Jawa Timur, Indonesia, 10 November 1961
Profesi
Karier
  • Anggota DPR-RI (2014-2019)
Pendidikan
  • Institut Teknologi Sepuluh November
  • Oil and Gas Project Quality Management
  • Cranfield University School of Industrial and Manufacturing Science di Bedford

Satya Widya Yudha lahir pada tanggal 10 November 1961 di Kediri, Jawa Timur. Ia menempuh pendidikan tingginya di Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Kemudian ia melanjutkan program magisternya di Oil and Gas Project Quality Management , Cranfield University School of Industrial and Manufacturing Science di Bedford, United Kingdom. Satya menikah dengan Diah Ambarsari dan memiliki 2 anak. 

Karir politiknya dimulai dengan menjadi FPGolkar Anggota Komisi VII yang membidangi sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Riset dan Teknologi (Ristek) dan Lingkungan hidup (LH) (2009-2014). Pada tahun yang sama ia juga menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Golkar bidang ESDA (2009-sekarang). 

Dia diangkat sebagai Ketua Delegasi Parlemen Indonesia untuk Pertemuan WTO Parlemen pada tahun 2011. Ia juga aktif memimpin Kaukus Green Economy di DPR RI. Pada pileg 2014, ia terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019. Ia ditugaskan menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI. Pada bulan Januari 2016, Satya Widya Yudha dicopot dari posisinya sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI.