Sartono

Vice Chairman PT. Sinar Gading Mas
Lahir: Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 12 Agustus 1963
Karir
  • Vice Chairman PT. Sinar Gading Mas
Pendidikan
  • Diploma Of English

Sartono lahir di Pacitan, 12 Agustus 1963. Sartono berhasil menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Demokrat setelah memperoleh suara sebanyak 31,345 suara untuk Dapil Jawa Timur VII . Sartono adalah sepupu dari Ketua Umum DPP Partai Demokrat dan mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.


Sartono mengawali kiprah di Demokrat sebagai Bendahara Umum DPD Bali (2002-2005). Pasca kasus Nazarudin dimana Nazarudin tidak lagi menjabat sebagai Bendahara Umum DPP Demokrat, Sartono mengambil alih jabatan tersebut.


Posisi bisnis Sartono antara lain Vice Chairman PT Sinar Gading dan Direktur Utama PT Mitra Sejati Permai, Jakarta, serta pengelola berbagai tempat fitness di berbagai kota. Pada masa kerja 2014-2019 Sartono bertugas di Komisi VI yang membidangi investasi, BUMN, perdagangan dan perindustrian.


Sartono pernah diduga terlibat dengan kasus dugaan pencucian uang dengan tersangka mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan juga kasus korupsi terkait kasus suap dalam proyek SKK Migas untuk memenangkan PT Rekayasa Industri dalam sebuah tender.


Sartono diduga terlibat kasus dugaan pencucian uang dengan tersangka mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan juga kasus korupsi terkait kasus suap dalam proyek SKK Migas untuk memenangkan PT Rekayasa Industri dalam sebuah tender.


Berita tentang mobil esemka yang dulu sempat kontroversial di hampir semua media pernah coba diingatkan kembali oleh Anggota Komisi VI DPR Sartono. Dia mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal janjinya mendukung pengembangan mobil Esemka saat menjadi wali kota Solo. Dia mengingatkan Presiden akan janjinya untuk mengembangkan mobil Esemka sebagai mobil nasional. Karena sudah satu tahun pemerintahan Jokowi, soal mobil Esemka sudah terlupakan.


Politisi Partai Demokrat itu berharap Presiden Jokowi setidaknya mendukung pengembangan mobil Esemka sebagai moda angkutan hasil pertanian. Apalagi, anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur VII itu menambahkan, saat ini sudah ada Dana Desa untuk pembangunan infrastruktur jalan dan pertanian.


Sartono mengatakan dia akan kembali menanyakan komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan mobil Esemka saat rapat kerja dengan Menteri Perindustrian.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
Februari 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 6 sentiment publik
100%
Januari 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 6 sentiment publik
50%
17%
33%
DarkLight