Rikwanto

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya
Lahir: Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 1 Januari 1965
Karir
  • Kapolres Klaten
  • Dosen di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri
  • Wakapolwil Banyumas
  • Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya
Pendidikan
  • Akademi Kepolisian (1988)

Kombes. Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. adalah seorang perwira menengah Polri yang sejak 13 Mei 2015 mengemban amanat sebagai Analis Kebijakan Madya Divhumas Polri (dalam rangka Sespimti 2015).
Rikwanto merupakan lulusan Akpol 1988. Jabatan terakhir perwira menengah asal Sumatera Utara ini adalah Kabagpenum Divhumas Polri.

Posisi Kepala Humas memiliki tanggung jawab dalam pencitraan polisi melalui publikasi yang ia sampaikan kepada media. Diharapkan Rikwanto agar senantiasa bekerja sama dengan media massa untuk menyampaikan visi misi kepolisian.

Menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya sejak Desember 2011 lalu, pria kelahiran Medan 1 April 1965 ini mengaku harus siap berhadapan dengan banyak massa dan menyambungkan segala hal baru dari pimpinan menuju anak buah atau mendapatkan laporan terbaru mengenai isu-isu terkini maupun perkembangannya lalu disampaikan pada awak media.

Seperti saat isu kenaikan BBM misalnya, ayah dari tiga anak ini mengaku bahwa ia sempat kerepotan menerima dering telepon dari berbagai pihak yang menanyakan perkembangan kenaikan harga BBM akhir Maret lalu. Meski dipenuhi dengan jadwal kerja yang padat, Rikwanto mengaku bahwa dirinya cukup bisa mengatur pola makan yang teratur serta minum vitamin untuk berjaga-jaga saat tubuhnya mulai drop.

Di sisi lain, Rikwanto memiliki hobi menyanyi. Dia menyukai lagu-lagu dangdut. Menurutnya, musik dangdut membuat dia tak segan untuk bergoyang. Selain musik, Rikwanto juga gemar membaca buku.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
September 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 21 sentiment publik
90%
10%
DarkLight