Rian Ernest

Lahir-
Profesi
Karier
  • Pengacara Indonesia
Pendidikan
  • Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2005-2009)

Rian Ernest adalah salah satu staf dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di bidang hukum pemerintahan. Dalam beberapa sidang terkait kasus penistaan agama, Ahok terlihat didampingi oleh Ernest.

Ernest jadi buah bibir netizen, di kalangan para pendukung Ahok, terutama kaum hawa. Bahkan di sosial media Twitter, percakapan soal Ernest lebih menonjol ketimbang jalannya persidangan.

Perbincangan tersebut seputar pesona paras dan penampilan Ernest. Fotonya saat mendampingi Ahok di ruang sidang MK ramai pula dibagikan. Percakapan soal Ernest terwadahi dalam tagar #GoRian, yang terpantau menjajaki Tren Twitter Indonesia.

Ernest berusia 28 tahun. Ia menyelesaikan studi hukumnya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, pada 2009. Selepas lulus, pria kelahiran Berlin, Jerman itu sempat bekerja di Melli Darsa & Co. Di firma hukum itu, Ernest menyandang jabatan Junior Associates, selama 1,5 tahun.


Pada tahun 2012, pria yang punya hobi hiking dan menabuh drum itu bergabung dalam Korps Pengajar Muda di Indonesia Mengajar. Lewat gerakan berbasis pendidikan tersebut, Rian sempat berbagi ilmu untuk anak-anak di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.


Merujuk keterangan di akun Facebook-nya, Ernest mulai bekerja sebagai staf Ahok sekitar setahun silam.


Adapun paras dan penampilannya sudah mulai disorot sejak pertengahan 2014. Saat itu, nama dia sudah disebut dalam akun Instagram, @gantenggantenglawyer. Akun itu memang hadir untuk mengumpulkan para praktisi hukum yang konon punya paras menawan.