Rano Karno

Gubernur Banten (2012-2017)
Lahir: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 8 Oktober 1960
Karir
  • Aktor dan Sutradara Seniman
  • Direktur Utama Karnos Film
  • Wakil Bupati Tangerang (2008-2011)
  • Wakil Gubernur Banten (2012-2017)
  • Gubernur Banten (2012-2017)

Wajahnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Rano Karno dikenal sebagai seorang aktor dan sutradara yang melejit lewat sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” yang sangat populer di tahun 90an.

Karirnya di dunia akting berawal dari keikutsertaan Rano pada salah satu film yang dibintangi ayahnya, Soekarno M. Noer, nama Rano kemudian perlahan-lahan mulai dikenal. Film pertama yang dibintanginya adalah Si Doel Anak Betawi tahun 1972 dimana dia menjadi pemeran utama dalam film tersebut. Bakat akting yang diturunkan ayahnya ternyata tidak sia-sia. Rano lantas bergulat dengan dunia entertainment secara total.

Tercatat puluhan judul sinetron pun berhasil ia bintangi dengan kemampuan aktingnya yang memukau. Berkembang dari dunia entertainment sebagai seorang aktor, Rano lantas mengembangkan sayap menjadi seorang penulis skenario sekaligus merangkap sebagai sutradara dan memiliki rumah produksi film sendiri yakni Karnos Film.

Perjalanan karirnya di dunia hiburan memang terbilang tidak singkat. Selama 38 tahun ia menggeluti bidang tersebut. Atas kerja kerasnya, Rano Karno berhasil meraih segudang penghargaan diantaraya sebagai Aktor Utama Terbaik dalam Taksi FFI tahun 1991 dan penghargaan Surjosoemanto dari BP2N (Dewan Film Nasional) tahun 1997, dan masih banyak lagi.

Di awal tahun 2007, ia mengumumkan pencalonan dirinya pada pemilihan Bupati Tangerang bersama Ismed Iskandar. Pada pemilukada tersebut, pasangan Ismed Rano berhasil mengantongi suara terbanyak, sehingga ia berhak atas jabatannya sebagai Wakil Bupati Tangerang.

Pada tahun 2011, Rano mencalonkan diri menjadi Calon Wakil Gubernur Banten mendampingi Ratu Atut Chosiyah (Gubernur Banten periode 2007-2011), dan berdasarkan hasil perhitungan KPUD Banten pada tanggal 30 Oktober 2011, kedua pasangan ini berhasil memenangkan pilkada tersebut. Sejak 13 Mei 2014, Rano Karno ditunjuk oleh Presiden SBY untuk menjabat sebagai Plt Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang dinonaktifkan terkait kasus korupsi pilkada di MK.

Pada 2 Agustus 2018, film "Si Doel Anak Sekolahan" tayang di bioskop Indonesia. Dalam film yang diproduksi oleh Falcon ini Rano Karno masih berperan sebagai tokoh utama Doel. Selain itu, dia juga menjadi sutradara dalam film tersebut. Beberapa aktor dan aktris lama masih menjadi bagian dari film "Si Doel Anak Sekolahan" seperti Maudy Koesnaedi (Zaenab), Mandra, Suti Karno (Atun), Cornelia Agatha (Sarah), Aminah Cendrakasih (Maknyak) dan beberapa pemeran pembantu lainnya.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
September 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 50 sentiment publik
88%
2%
10%
Agustus 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 67 sentiment publik
90%
10%
DarkLight