Raja Juli Antoni

LahirRiau, Indonesia, 13 Juli 1977
Profesi
Karier
  • Sekertaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Pendidikan
  • IAIN Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta)
  • UIN Jakarta Universitas Bradford
  • Universitas Queensland

Raja Juli Antoni, Ph.D adalah seorang intelektual sekaligus politikus muda Indonesia kelahiran Pekanbaru, Riau, 13 Juli 1977. Ia pernah menjadi Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan kemudian dipercaya untuk menempati posisi sebagai Direktur Eksekutif Maarif Institut, suatu lembaga think tank yang didirikan oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syarif Maarif.

Raja sempat menjadi kandidat calon Ketua Umum PP Muhammadiyah untuk periode 2015-2020, namun mengundurkan diri sebab ia ingin berkonsentrasi sebagai Sekertaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang baru didirikannya dengan beberapa politikus muda lainnya.

Raja memperoleh gelar sarjananya di IAIN Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) pada tahun 2001 lalu dengan penelitiannya yang berjudul Ayat-Ayat Jihad: Studi Kritis terhadap Penafsiran Jihad sebagai Perang Suci.

Kemudian ia melanjutkan pendidikan S2 di The Department of Peace Studies, Bradford University, Inggris. Ia memperoleh beasiswa Chevening Award pada tahun 2004 dan menyelesaikannya dengan tesis master yang berjudul The Conflic in Aceh: Searching for A Peaceful Conflict Resolution Process.

Ia melanjutkan studi doktoralnya dengan menggunakan beasiswa dari Australian Development Scholarship (ADS) pada tahun 2010 di School of Political Science dan International Studies pada Queensland University, Australia. Gelar Ph.D berhasil diperoleh Raja dengan disertasi yang berjudul Religious Peacebuilders: The Role of Religion in Peacebuilding in Conflict Torn Society in Southeast Asia, dengan studi kasus Mindanao (Filipina Selatan) dan Maluku (Indonesia).

Sumber riset: https://id.wikipedia.org/wiki/ Raja_Juli_Antoni