Perry Warjiyo

LahirSukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia, 25 Februari 1959
Profesi
Karier
  • Deputi Gubernur Bank Indonesia Indonesia
  • Gubernur Bank Indonesia (BI) Indonesia (2018)

Perry Warjiyo adalah seorang Deputi Gubernur Bank Indonesia untuk masa jabatan 2013 hingga 2018. Perry Warjiyo diangkat menjadi Deputi Gubernur BI pada 15 April 2013 melalui Keputusan Presiden 28/P Tahun 2013.

Perry Warjiyo merupakan Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Gadjah Mada tahun 1982 yang kemudian mendapatkan gelar Msc dalam bidang ekonomi moneter dan internasional dari Iowa State University, Ames USA tahun 1989. Pada tahun 1991, Perry Warjiyo berhasil meraih gelar Ph.D untuk bidang ekonomi moneter dan internasional dari Universitas yang sama. Dia merupakan dosen Pasca Sarjana di Universitas Indonesia di bidang Ekonomi Moneter dan Ekonomi Keuangan Internasional, di samping sebagai dosen tamu di sejumlah universitas di Indonesia.

Perjalanan karir Perry Warjiyo di Bank Indonesia cukup panjang terhitung sejak 1984. Sebelum ditetapkan sebagai Deputi Gubernur, Perry Warjiyo menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk perumusan kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional di Bank Indonesia.

Jabatan tersebut diemban setelah menjadi Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter, Bank Indonesia. Sebelum kembali ke Bank Indonesia pada 2009, Perry Warjiyo menduduki posisi penting selama dua tahun sebagai Direktur Eksekutif di International Monetary Fund, mewakili 13 negara anggota yang tergabung dalam South-East Asia Voting Group.

Perry Warjiyo mempunyai karier yang panjang dan cemerlang di Bank Indonesia sejak tahun 1984, khususnya di area riset ekonomi dan kebijakan moneter, isu-isu internasional, transformasi organisasi dan strategi kebijakan moneter, pendidikan dan riset kebanksentralan, pengelolaan devisa dan utang luar negeri, serta kepala Biro Gubernur.

Presiden Joko Widodo telah mengajukan satu nama, Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) kepada DPR. Presiden Jokowi mengaku, memilih Perry karena alasan pengalaman, rekam jejak, prestasi, serta penguasaan lapangan.

Pada hari Selasa, 5 April 2018 sesuai dengan keputusan dalam rapat paripurna DPR ke-4 tahun 2017-2018, Perry Warjiyo secara resmi ditetapkan menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI).

Sumber:

http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/dewan-gubernur/Contents/pw.aspx