Nila Farid Moeloek

Nila Farid Moeloek

timeter overall

+40
Lahir
Jakarta Raya, 11/04/1949
Profesi
Menteri Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (-)
Agama
Islam
Karier
  • Menteri Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (-)
Pendidikan
  • Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (-)
  • University of Amsterdam, Belanda (-)
  • Kobe University, Jepang (-)
  • Pasca Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (-)

Nila Moeloek menjadi salah satu orang yang diandalkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan kesejahtaraan rakyat Indonesia, khususnya di bidang kesehatan. Ya, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Anfasa, SpM (K), begitu nama lengkap beserta gelarnya, adalah Menteri Kesehatan Republik Indonesia di Kabinet Kerja untuk periode 2014-2019.


Sebelum menjadi menteri, Nila Moeloek dikenal sebagai seorang ahli oftalmologi (ilmu penyakit mata) sekaligus guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Tak hanya itu, ia juga pernah menjadi Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami), dan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI).


Memiliki darah Minangkabau, Nila Moeloek lahir di Jakarta pada 11 April 1949. Usai merampungkan studi S1-nya di Universitas Indonesia, ia melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, seperti mengikuti program sub-spesialis di International Fellowship di Orbita Centre, University of Amsterdam, Belanda, serta di Kobe University, Jepang. Namun, Nila Moeloek justru memperoleh gelar S2 di FKUI.


Terkait jabatan yang sedang diembannya saat ini, ternyata suami Nila Moeloek, yakni Faried Anfasa Moeloek, juga pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia, yakni pada Kabinet Reformasi Pembangunan (1998-1999) di masa pemerintahan Presiden BJ Habibie. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak, yaitu Muhammad Reiza Moeloek, Puti Alifa Moeloek, dan Puti Annisa Moeloek.