Nasrullah

LahirPejompongan, Jakarta, 4 Desember 1962
Profesi
Karier
  • Aktor Indonesia
Nasrullah atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Mat Solar merupakan aktor dan pelawak Indonesia.

Mat Solar melejit setelah berperan sebagai Bajuri di sitkom Bajaj Bajuri, sitkom ini tayang di Trans TV sejak 14 Mei 2002 hingga 2008 Januari 2007. Bajaj Bajur ini merupakan sitkom yang paling lama tayang dengan 1065 episode.

Bajaj Bajuri ini juga sempat tayang di TV luar negeri yaitu Malaysia di stasiunTV3. Sitkom ini juga sempat ditayangkan kembali oleh beberapa TV seperti ANTV pada tahun 2008, SCTV pada tahun 2010, Trans 7 pada Mei 2018.

Mat Solar sudah mengawali karier sejak duduk di kelas II SMP, dia bergabung dengan Teater Mama yang tayang di TVRI pada tahun 1976. Teater ini menjadi salah satu teater paling 'nakal' karena berani mengkritik pemerintah Orde Baru yang berkuasa saat itu.

Sempat terhenti beberapa tahun dari TVRI, Teater Mama coba kembali dihidupkan pada tahun 1990. Sayang karena kurangnya sambutan, program ini dihentikan.

Sempat menjadi pemeran pendukung di beberapa sinetron seperti Senggal-Senggol pada tahun 1996 di RCTI, Sorga Di Bawah Telapak Kaki Ibu di SCTV, dan beberapa judul lainnya.

Pria kelahiran Jakarta 4 Desember ini juga pernah menjadi manajer produksi di Bens Radio pada tahun 1990.

Mat Solar juga sempat bergabung di sinetron Tukang Bubur Naik Haji namun hanya sampai 200 episode, hal ini dikarenakan kesehatannya yang tidak memungkinkan untuk melakukan syuting ini.

Nama Mat Solar kembali marak diberitakan ketika video tentang dirinya viral di berbagai media sosial, dalam video itu, Mat Solar tampak tengah menjalani terapi dibantu seseorang berseragam TNI AD.

Belakangan diketahui bahwa terapi yang dijalankan Mat Solar adalah untuk penyakit stroke yang dideritanya. Terapi ini menggunakan daya kejut listrik.