Muhammad bin Salman

LahirRiyadh, Arab Saudi, 31 Agustus 1985
Profesi
Karier
  • Putra Mahkota Arab Saudi
  • Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Arab Saudi
Pendidikan
  • Universitas Raja Saud

Muhammad bin Salman merupakan Putra Mahkota yang juga Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Arab Saudi. Ia dilahirkan di Riyadh, 31 Agustus 1985. Selain itu, ia juga menjabat sebagai ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan. Pada 21 Juni 2017, ia ditunjuk oleh ayahnya yaitu Raja Salman sebagai Putra Mahkota.

Pangeran Arab berusia 32 tahun ini menyelesaikan studi Sarjana dalam bidang hukum di Universitas Raja Saud. Suami dari Putri Sarah binti Pangeran Masyhur bin Abdul Aziz Al Saud ini memiliki empat anak yaitu Pangeran Salman, Pangeran Masyhur, Putri Fahdah dan Putri Noura.

Pangeran Muhammad bin Salman juga aktif di kegiatan sosial dan amal. Ia telah membentuk yayasan sosial Pangeran Muhammad bin Salman Misk al-Khairiyyah dan menjadi Ketua Direksi pada yayasan tersebut. Selain itu juga menjadi anggota Majelis Yayasan Sosial al-Quran al-Karim di Riyadh, anggota Badan Tinggi Koordinasi Yayasan Sosial se-provinsi Riyadh, dan Ketua Majelis Sekolah Non-profit Riyadh.

Pada 25 Oktober 2017, Muhammad bin Salman ingin mengembalikan negara Arab Saudi menjadi negara “Islam moderat”. Ia meminta dukungan global untuk mengubah kerajaan garis keras itu menjadi masyarakat terbuka yang memberdayakan warga negara dan menarik investor.

Ia juga mengatakan dalam sebuah wawancara dengan The Guardian bahwa negara ultrakonservatif “tidak normal” selama 30 tahun terakhir. Muhammad juga menyalahkan doktrin kaku yang telah mengatur masyarakat sebagai reaksi atas revolusi Iran, yang mana menurutnya para pemimpin terdahulu “tidak tahu cara menangani itu.”

Sumber riset: Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_bin_Salman_al-Saud https://tirto.id/pangeran-mohammed-ingin-jadikan-arab-saudi-negara-islam-moderat-cy1m