Moon Jae-in

LahirKorea Selatan, 24 Januari 1953
Profesi
Karier
  • Presiden Korea Selatan

Moon Jae-in adalah seorang politikus Korea Selatan dan pemimpin oposisi dari partai Aliansi Politik Baru untuk Demokrasi. I,Pada Selasa (9/5/2017) ia terpilih menjadi Presiden Korea Selatan, berdasarkan hasil exit poll yang dirilis beberapa jam usai pemungutan suara ditutup, menyatakan Moon unggul jauh dari capres lainnya dengan 41,4 persen suara.

Moon merupakan seorang pengacara dan mantan ketua staf untuk Presiden Roh Moo-hyun. Dalam pemilihan legislatif ke-19 pada 11 April 2012, Moon memenangkan sebuah kursi di Distrik Sasang, Busan. Pada 16 September 2012, Moon meraih nominasi untuk kandidat Partai Serikat Demokratik pada pemilihan presiden 2012 setelah memenangkan kursi mayoritas dalam pemilihan primer partai tersebut.

Moon kuliah di Universitas Kyungheedengan mengambil jurusan bidang hukum. Ia ditangkap dan dikeluarkan dari universitas tersebut ketika ia mengadakan unjuk rasa pelajar menentang Konstitusi Yushin. Kemudian, ia dipaksa masuk ke militer dan direkrut pada Pasukan Khusus, dimana ia ikut dalam sebuah misi militer pada saat insiden pembunuhan Axe.