Minarni Soedarjanto

Pebulutangkis Indonesia
Lahir: Pasuruan, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, 10 Mei 1944
Karir
  • Pebulutangkis Indonesia
Minarni Soedarjanto adalah pemain bulu tangkis Indonesia yang pernah menjuarai All England 1968 dalam kategori ganda putri bersama pasangannya, Retno Koestijeh.
Minarni yang berjuluk "Ratu dari segala ratu bulutangkis" ini memulai kariernya di dunia bulu tangkis saat dia berusia 13 tahun. Gelar pertamanya dia raih pada usia 15 tahun dalam kejuaraan nasional Badminton di Malang tahun 1959. Setahun kemudian, Minarni terpilih menjadi salah satu pebulutangkis yang memperkuat Indonesia dalam ajang Uber Cup. Namun, kala itu Indonesia mengalami kekalahan.

Salah satu pencapaian terbaik Minarni yaitu saat dia mengikuti kompetisi All England 1968. Dalam kategori ganda putri dia berhasil meraih gelar juara bersama Retno Koestijeh. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama Indonesia dalam ajang All England. Di tahun berikutnya, Minarni menjuarai kompetisi Amerika Serikat Terbuka dan Kanada Terbuka. Minarni dan Retno juga sebelumnya pernah meraih medali emas dalam Medali Emas Asian Games 1962 dan Medali Emas Asian Games 1966.

Menjuarai Uber Cup yang didambakannya akhirnya diraih pada tahun 1975. Kala itu Indonesia menjadi juara dalam beregu putri setelah mengalahkan tim Jepang.

Kemenangan tim Indonesia dalam Uber Cup 1975 itu menjadi tropi pertama Indonesia. Namun, ini juga menjadi tropi terakhir bagi Minarni dalam kariernya sebagai pemain badminton. Setelah pensiun, Minarni berkarier sebagai pelatih bulu tangkis dan aktif di PB PBSI. Pada 14 Mei 2003, Minarni meninggal karena komplikasi radang paru-paru dan lever. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan.
DarkLight