Mien Uno

LahirIndramayu, 23 Mei 1941
Profesi
Karier
  • Pengusaha Indonesia
Memiliki nama lengkap Rachmini Rachman Uno, perempuan ini biasa dipanggil dengan nama Mien R Uno atau Mien Uno. Dia merupakan seorang business woman dan seorang pendidik tingkat atas.

Setelah lulus dari kuliah di Institut Pengajaran dan Pendidikan di Bandung, perempuan kelahiran Indramayu, 23 Mei 1941 ini tidak langsung menjadi guru melainkan dia mendampingi suami mengurus perusahaan energi di Riau. Hingga akhirnya pada tahun 1973 dia mendapat kesempatan menjadi guru setelah pindah ke Jakarta dan mulai belajar mengajar di Martha Tilaar Beauty Gallery. Di tempat itu pula, Mien kemudian dipercaya mengasuh acara "Dunia Wanita" di TVRI.

Pada tahun 2001, perempuan yang memiliki nama panggilan Bu Min ini mendirikan sebuah sekolah yang bernama Duta Bangsa College. Selain itu, Bu Min juga menulis bersama Green Etiket: 300 Cara Ramah Lingkungan dan Menyimpan Uang dengan Siti Gretiani, yang diterbitkan pada 2011.

Bu Min merupakan seorang wanita yang luar biasa, tidak heran jika dia banyak menerima  penghargaan, diantaranya Globe Asia 99, Most Powerful Women dan Permata Pertiwi 2008. Bu Min juga termasuk ke dalam 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Globe Asia Oktober 2007. 

Nama Bu Min ramai menjadi perbincangan warganet karena membela anaknya yaitu Sandiaga Uno yang merupakan Calon Presiden Indonesia terkait masalah banyaknya tagar yang menyindir anaknya bersandiwara. Karena aksi membela anaknya Bu Min menjadi bahan guyonan para warganet di media sosial.