Michelle Obama

Ibu Negara Amerika Serikat
LahirIllinois, Chicago, 17 Januari 1964
ProfesiIbu Negara Amerika Serikat
Karier
  • Ibu Negara Amerika Serikat
Pendidikan
  • Princeton University
  • Harvard Law School

Michelle La Vaughn Robinson atau dikenal dengan Michelle Obama adalah istri dari Presiden Amerika Barack Obama. Perempuan Afro-Amerika kelahiran Chicago, Illinois Amerika Serikat pada 17 Januari 1964 ini dikenal dengan sosok yang murah senyum serta kharismatik.


Michelle mengawali karirnya sebagai seorang pegawai pada firma hukum bernama Sidley Austin. Setelah itu, perempuan yang merupakan lulusan sosiologi Princeton University ini berkarir sebagai asisten wali kota Chicago, yaitu Richard M Daley.

Ibu negara ini berkenalan dengan Barrack Obama pada tahun 1989 yang pada saat itu adalah mentornya, sekaligus Michelle adalah rekan kerja Barack Obama di firma hukum Sidley Austin.


Di tahun 1992, pasangan ini pun menikah dan dikaruniai dua orang anak perempuan bernama Malia Ann Obama yang lahir pada tahun 1998 dan Natasha Obama yang lahir pada tahun 2001.


Michelle lahir dari seorang ibu bernama Marian Robinson atau Marian Shields yang merupakan sekretaris sementara ayahnya Fraser Robinson III adalah petugas pompa di perusahaan air kota Chicago.


Sebagai perempuan nomor satu di Amerika Serikat ini, Michele Obama merupakan ikon fashion, model peran bagi perempuan, dan advokat untuk kesadaran kemiskinan, gizi, aktivitas fisik, dan makan sehat.


Ketika Obama mencalonkan diri menjadi presiden, Michelle semula enggan membantu. Michelle baru ikut serta dalam kampanye setelah suaminya berhenti merokok.

Obama dan Michelle lalu mendiskusikan dana kampanye, untuk mencari pendukung, program yang bergunabagi publik, keselamatan keluarga, dan dampak kampanye bagi mereka.

Sebab Michelle tidak ingin hubungan antara ayah dan anak menjadi terganggu karena kesibukan kampanye. Maka, Michelle sengaja membeli dua laptop untuk Obama dan anak-anak agar tetap dapat berhubungan.

Sepanjang tahun 2007 dan 2008, Michele Obama berkampanye untuk tawaran presiden suaminya, dimana ia memberikan pidato utama pada Konvensi Nasional Partai Demokrat pada tahun 2008 dan 2012. Selain itu pada tahun 2016,ia juga menyampaikan pidato dalam mendukung calon Presiden Partai Demokrat Hillary Clinton.

Di tengah naiknya popularitas suaminya sebagai politisi nasional sekaligus presiden Amerika Serikat, Michele Obama dikenal pula sebagai ikon populer.

Pada bulan Mei 2006, Essence menempatkannya sebagai “25 Perempuan paling Menginspirasi di Dunia”. Kemudian pada Juli, 2007 Vanity Fair juga memasukkannya sebagai “10 Orang yang Berpakaian terbaik di Dunia”.

Sebagai seorang penulis Michelle pernah menerbitkan buku berjudul “American Grown” yang diterbitkan oleh New York: Crown Publishing Group pada tahun 2012, dan buku “Becoming” yang diterbitkan oleh New York: Crown Publishing Group pada tahun 2018.