Michel Platini

LahirJeouf, Perancis, 21 Juni 1955
Profesi
Karier
  • Presiden UEFA

Pria yang lahir pada 21 Juni 1955 ini adalah mantan pemain sepak bola berkebangsaan Perancis. Michel Platini pernah membawa Juventus meraih gelar juara Piala Champions pada 1985. Itu membawanya sebagai salah satu pemain legendaris Juventus dan juga merupakan pemain yang berpengaruh besar di klub tersebut dalam mengantarkan sejumlah prestasi.

Platini adalah seorang anak keturunan imigran Italia. Tumbuh di Perancis ia memulai perjalanan karirnya  sebagai pemain sepak bola bersama klub junior bernama AS Jeouf. Sejak 1972, Platini pun bergabung dengan klub senior AS Nancy. Ketika kontraknya berakhir pada 1979, Platini kemudian pindah ke Saint-Etienne. Platini juga tidak meneruskan karienya di klub tersebut setelah kontraknya selesai karena memutuskan pindah ke Juventus.

Setelah melalui masa-masa awal yang sulit, Platini akhirnya merasakan sukses bersama Juventus. Pemain gelandang penyerang ini diganjar titel sebagai Pemain Terbaik Eropa secara berturut-turut pada 1983, 1984, dan 1985. Pada masa-masa itu, ia sukses mencetak banyak gol selama bertahun-tahun di Seri A. Bahkan majalah World Soccer pun menobatkannya sebagai Pemain Terbaik Tahun 2004.

Karie internasionalnya sebagai pemain sepak bola ketika membela negaranya dalam Piala Dunia 1978. Berkat perannya sebagai playmaker di Timnas Perancis, Platini sukses membawa negaranya kembali dalam turnamen tersebur setelah sebanya dua kali, 1970 dan 1974, gagal lolos. Pemain nomor punggung sepuluh ini pula berhasil membanggakan Perancis dalam Piala Dunia. Teknik tingkat tinggi dan ketajamannya membaca permainan membawa Perancis meraih posisi keempat Piala Dunia 1982 dan peringkat ketiga Piala Dunia 1986. Kehadiran Platini dalam Timnas Perancis kian diperhitungkan terutama setelah kesuksesannya membawa tim tersebut menyandang gelar Juara Eropa 1984.

Pensiun sebagai pemain di usia 32 tahun, Platini justru  tidak meninggalkan kariernya di dunia sepak bola. Ia kemudian memilih menjadi pelatih Timnas Perancis sejak 1988. Sebagai seorang pelatih muda, Timnas Perancis yang diasuhnya gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 1990, lantas tersingkir saat fase grup Piala Eropa 1992.

Pasca turnamen, Platini pun merambah dunia administrasi sepakbola. Platini memilih berkonsentrasi sebagai administratur utama sejak berperan sebagai Wakil Presiden Komite Penyelenggara Piala Dunia 1998. Sejak 2001 ia adalah Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Perancis. Sementara itu, posisinya sebagai Presiden UEFA yang diemban sejak 2007 pun harus diakhiri pada 2015 lalu. Ia mengundurkan diri dari kursi kepresidenan UEFA setelah terbukti melakukan “konflik kepentingan” bersama bekas presiden FIFA Sepp Blatter pada 2011 silam.