Michael Jackson

LahirGary, Indiana, 29 Agustus 1958
Profesi
Karier
  • Penyanyi Amerika Serikat
Michael Joseph Jackson atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Michael Jackson merupakan seorang legenda musik pop yang mendapatkan gelar “King of Pop” dan mempopulerkan gerakan dansa "Moonwalk" yang telah menjadi ciri khasnya.

Pria kelahiran Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 ini memulai kariernya pada tahun 1964, Michael dan Marlon bergabung dengan the Jackson Brothers—sebuah band yang didirikan oleh saudara-saudaranya. Hingga ketika berumur 8 tahun Jackson dan Jermaine menjadi penyanyi utama, dan nama kelompok musik ini diganti menjadi The Jackson 5. Band ini melakukan tur di bagian tengah Amerika Serikat secara ekstensif pada tahun 1966 hingga 1968. Pada tahun 1966, mereka memenangi beberapa acara pencari bakat tingkat lokal. 

Pria yang memiliki nama lain Michael Joe Jackson memulai karier solonya pada tahun 1972 dengan judul album “Got to Be There” Album ini dirilis oleh Motown Records tepatnya pada tanggal 24 Januari 1972. Ditahun yang sama pula King of Pop ini merilis album berjudul “Ben”, tepatnya pada 4 Agustus 1972 sementara dirinya masih tergabung dalam The Jackson 5. Kariernya terus menanjak hingga dia mengeluarkan album solo ke-3nya yang berjudul “Music and Me” pada tahun 1973, album ini berhasil terjual sekitar 4 juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 1975, Jackson merilis album solo terakhirnya bersama Motown Record berjudul “Forever, Michael”.

Setelah itu The Jackson 5 menandatangani kontrak baru dengan CBS Record pada bulan Juni 1975, dalam divisi Philadelphia International Records, yang kemudian diubah namanya menjadi Epic Records dan nama grupnya pun diubah menjadi “The Jackson” dan menghasilkan enam album antara tahun 1976 hingga 1984, yang sebagian besar lagunya ditulis oleh King of Pop ini. Pada tahun 1978, Jackson mulai turun ke dunia film dengan menjadi Scarecrow pada film musikal The Wiz. Musik dalam film ini diaransemen oleh Quincy Jones, yang kemudian menjalin kerjasama dengan Jackson untuk membuat album solonya, Off the Wall. 

Album ke-5 Jackson yang berjudul “Off The Wall” resmi rilis pada 10 Agustus 1979. Melalui album ini King Of Pop ini memenangkan sejumlah penghargaan seperti Top Black Artist dan Top Black Album serta sebuah Grammy Award untuk Best Male R&B Vocal Performance hingga Favorite Soul/R&B Album, Favorite Male Soul/R&B Artist. Pada tahun 1980, Jackson menjadi musisi dengan penerimaan royalti tertinggi di industri musik: 37% dari keuntungan album secara keseluruhan. Pada tahun 1982, Jackson merilis album berjudul “Thriller” yang menjadi album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 109 juta kopi di seluruh dunia. Album ini juga memuat single "Thriller" yang merupakan video musik pertama yang dibuat oleh ras kulit hitam pada masa itu.

Ketika kariernya semakin menanjak, Jackson mengalami kecelakaan pada 27 Januari 1984. Dalam proses pembuatan iklan Pepsi Cola di Shrine Auditorium, Los Angeles, King Of Pop ini mengalami luka bakar tingkat dua di kulit kepalanya setelah rambutnya terbakar akibat sebuah kecelakaan. Pepsi akhirnya berdamai dengan menyelesaikan tuntutan hukum di luar pengadilan.

Untuk mengobati luka bakarnya ini, Jackson memberikan $1,5 juta kepada Brotman Medical Center di Culver City, California, sehingga rumah sakit itu dapat membeli peralatan penyembuhan luka bakar berteknologi paling tinggi ketika itu; Brotman kemudian mengubah nama kamar perawatan luka bakarnya menjadi "Michael Jackson Burn Center" untuk menghormati Jackson. 

Jackson pernah mendapatkan penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan pada 14 Mei 1984. Penghargaan ini diberikan atas sumbangan Jackson untuk badan amal yang membantu orang untuk keluar dari ketergantungan alkohol dan penyalahgunaan narkoba.

Ditahun yang sama Jackson menggelar konser amal bertajuk “Victory Tour” dan mendonasikan $5 juta pendapatan dari Victory Tour untuk amal. Selain itu, King of Pop ini membuat single "We Are the World" bersama Lionel Richie yang dirilis ke seluruh dunia untuk tujuan amal, yaitu membantu rakyat miskin di Afrika dan Amerika Serikat. Single ini dinyanyikan oleh 39 selebritis, termasuk Jackson. Single ini juga menjadi single dengan penjualan terbaik sepanjang masa, dengan total penjualan 20 juta kopi. 

Pada tahun 1987, Jackson merilis album Bad, yang merupakan album pertamanya setelah vakum selama lima tahun Total penjualan album yang banyak ditunggu oleh penggemar ini tidak setinggi album Thriller, namun tetap saja dapat dianggap sukses secara komersil, serta berhasil menelurkan tujuh hit single di Amerika Serikat, hingga tahun 2008, album ini telah terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia. 

Pada tahun 1991 Michael Jackson merilis album Dangerous. Album ini terjual lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia, melebihi album Bad. Album ini mendapatkan anugerah Grammy Awards untuk kategori Best Engineered Album – Non Classical. Album ini sempat mengundang kontroversi dikarenakan video klip lagu Black Or White yang pada empat menit terakhirnya.

Pada tanggal 16 Juni 1995, Michael Jackson merilis album yang berjudul HIStory, Past, Present, And Future (biasa disingkat HIStory). Album ini terdiri dari dua bagian, HIStory, Past, Present, And Future, Book 1 yang berisi kompilasi hits sebelumnya dan HIStory, Past, Present, And Future, Book 2 yang berisi hits baru. Album ini terjual 20 juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 2001, King of Pop ini merilis album ke-10 yang berjudul “Invincible” tepatnya pada 30 Oktober 2001. Album ini merupakan album studio terakhir penyanyi Michael Jackson.

Michael Jackson merencanakan untuk menggelar konser terakhirnya di O2 Arena, London, Jackson menamai konser ini dengan nama This Is It Michael Jackson. Konser ini rencananya akan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2009, namun satu bulan sebelumnya Michael Jackson meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles pada hari Kamis, 25 Juni 2009, Pukul 14:26 waktu setempat. King Of Pop ini meninggal karena mengalami gagal jantung (cardiac arrest).

Pada 11 Januari 2019, nama King Of Pop ini ramai menjadi perbincangan terkait film dokumenter tentang Raja Pop Michael Jackson akan diputar dalam Festival Film Sundance 2019. Film ini berjudul Leaving Neverland bercerita tentang dua bocah lelaki yang mengaku dilecehkan oleh Michael Jackson.